Banyuwangi

Begini Cara Pertolongan Pertama Saat Melihat Kecelakaan di Jalan Raya

Radiobintangtenggara.com, GLENMORE – Insiden kecelakaan sepeda motor sering terjadi di jalan raya. Banyak korban jiwa yang seharusnya dapat dicegah jika diberikan bantuan darurat di lokasi kejadian sesegera mungkin. Dengan mengetahui cara pertolongan pertama, Anda dapat membantu korban di tempat.

Mimbar Alansyah, dokter Rumah Sakit Bhakti Husada mengatakan sebagian orang awa utamanya masyarakat mungkin tidak tahu bagaimana cara memberi pertolongan kepada korban kecelakaan. Namun warga bisa mempelajarinya, jadi sewaktu-waktu saat melihat insiden kecelakaan atau ada orang terdekat yang mengalaminya, warga sudah siap memberikan pertolongan tersebut.

Menurut Alan, hal pertama yang perlu dilakukan saat melihat kecelakaan warga harus mengetahi kondisi korban terlebih dahulu. Jika korban mengalami  pendarahan, bagian tubuh korban yang berdarah agar diupayakan untuk segera menghentikan pendarahan tersebut agar korban tidak kehabisan darah.

“Warga juga perlu memperhatikan kondisi korban yang mengalami kecelakaan itu,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Minggu, (09/08).

Ia menambahkan pertolongan juga perlu memperhatikan saat mengetahui korban mengalami patah tulang atau tidak. Hal itu bukanlah perkara yang mudah, namun, jika warga melihat korban merasa kesakitan pada anggota tubuhnya dan tidak bisa menggerakkannya. Itu bisa menjadi indikasi perlunya penanganan cedera sebagai kondisi patah tulang.

Penanganan awal jika korban terjadi patah tulang bisa dilakukan upaya pengangkatan secara bersamaan dengan warga lainnya. Tentu dengan memastikan kondisi luka pada tubuh korban tidak semakin parah. “Warga bisa memanfaatkan papan kayu atau apapun saat mengangkat korban kecelakaan,” ujarnya.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top