Banyuwangi

Layangan Sowangan Akibatkan Listrik Padam di Kalibaru

Radiobintangtenggara.com, KALIBARU – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Genteng Banyuwangi mengabarkan adanya pemadaman listrik di Kalibaru akibat layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik malam ini.

Arief Putro, SPV PLN ULP Genteng mengatakan frekuensi gangguan listrik di ULP Genteng cukup mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir karena layang-layang. Ia menjelaskan pada saat suhu menjadi lembab, embun, atau ketika datang hujan, layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik dapat berubah menjadi bahan yang menghantarkan listrik atau konduktor. 

“Sehingga cukup membahayakan bagi warga,” kata Arief.

Ketika jaringan saling terhubung, lanjut Arief, maka dapat menyebabkan arus hubung singkat yang mengakibatkan gangguan listrik di masyarakat sekitar. PLN terus menyosialisasikan terkait bahaya layang-layang dengan cara terjun langsung ke masyarakat, kantor desa, dan melalui media sosial serta berbagai cara yang lain.

Ia meminta seluruh masyarakat, untuk tidak bermain layang layang di sekitar jaringan PLN. Selain berbahaya untuk diri sendiri, juga dapat mengganggu pasokan listrik untuk masyarakat sekitar. “Kedepan masyarakat bisa lebih bijaksana saat menerbangkan layang-layang,” ujarnya.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top