Kegiatan Festival Pangan Non Beras (Fepanora) di Wisata Taman Suruh. (Foto. Istimewa)

Banyuwangi Gelar Festival Pangan Non Beras

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah, Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Pangan Non Beras (Fepanora). Berbagai makanan dan kudapan difestivalkan yang bahan dasarnya berasal dari tanaman pangan budidaya warga setempat.  

Festival ini digelar di area wisata Agro Wisata Tamansuruh (AWT), Kamis (27/8/2020). Berbagai makanan unik non beras tersedia. Pancake singkong, sirop kelir, Nasi talabi (talas, labu kuning, ubi ungu), Rendang bunga turi, Gadung isi durian. Sesuai dengan tema yang diambil “Kenyang Tak Harus dengan Beras”.

“Ini adalah bagian dari program peningkatan ketahanan pangan dan kesehatan bagi warga. Kami ingin masa pandemi ini menjadi momen bagi kita untuk mulai membiasakan makan makanan sehat. Tidak hanya nasi dan tepung terigu, tapi ada bahan pokok lain yang bila diolah rasanya juga enak,” cetus Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat membuka acara.

Festival ini digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bareng Tim Penggerak PKK Banyuwangi. Dilaksanakan di sebuah destinasi wisata alam yang asri nan sejuk, pelaksanaannya dilakukan dengan protokol kesehatan. Menurut Anas, apa yang dilakukan Banyuwangi ini juga sebagai upaya membentuk budaya baru untuk mengolah bahan pangan lain. 

“Kami melibatkan ibu-ibu dari desa untuk memicu daya inovasi mereka bagaimana mengolah umbi-umbian dan tanaman yang ada di sekitar mereka,” kata Anas.

Festival Pangan Non Beras tersebut menyajikan aneka kreasi olahan makanan berbahan dasar non beras yang sangat menarik dan beragam. Seperti menu Fettucini, makanan khas Italia yang terbuat dari tepung mokaf yang berbahan dasar singkong. Juga ada singkong rol berisi sayuran, kue tart berbahan dasar ubi ungu, hingga kentang panggang dan bola-bola pisang. Tidak ketinggalan menu mie goreng, yang terbuat dari umbi ganyong.

Juga ada Brownis yang terbuat dari tepung kacang Koro Pedang yang disajikan ibu-ibu PKK dari Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo. “Kacang Koro Pedang ini produk unggulan desa kami, kami olah menjadi makanan menarik. Ada brownies, ada tepung koro yang nisa mengganti tepung terigu. Juga ada sirup koro,” kata peserta dari Desa Sidowangi. 

Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan, menjelaskan Festival Pangan Non Beras melombakan kreasi makanan non beras yang diikuti 110 peserta. Yang terdiri dari kader PKK, pelaku usaha kuliner hingga warga umum se kabupaten. Proses seleksi awal dilakukan lewat video yang dikirimkan peserta.

“Kami menerapkan protokol kesehatan sejak awal. Jadi seleksi dilakukan lewat video yang berisi proses memasak hingga penyajian. Lalu kami menyaring yang terbaik untuk ditampilkan di Festival,” terang Arief.

Ia mengaku sengaja menggelar acara di AWT karena lokasinya alami dan berlimpah udara segar. 

Muhammad Handoyo

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *