Kondisi Gunung Raung dari citra CCTV PVMBG. (Foto. Istimewa)

Aktivitas Menurun, PPGA Raung Terus Lakukan Pemantauan

Radiobintangtenggara.com, SONGGON – Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) terus melakukan pengamatan terhadap status Gunung Raung dari yang saat ini level II (Waspada).

Mukijo Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung mengatakan, saat ini aktivitas vulkanik Gunung Raung sudah cenderung menurun. Gunung Api tersebut berada di perbatasan tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur.

Ia mengatakan, setelah evaluasi status gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dilakukan, akan diumumkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Menurut Mukijo periode pengamatan pada pengamatan Sabtu (24/10/2020) pukul 00.00 – 24.00 Wib, Gunung Raung terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah tidak teramati.

Jumlah gempa tetonik jauh tercatat sembilan kali dengan amplitudo 1-36 mm, S-P : 11-20 detik, Durasi : 44-121 detik. Menurut Mukijo, meski aktivitas turun namun PPGA Raung masih melarang masyarakat atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak Gunung Raung.

Sebagai informasi sejak tiga bulan lalu aktivitas vulkanik Gunung Raung baik secara data pengamatan visual dan kegempaan, mulai menunjukkan peningkatan. Sehingga sejak 17 Juli 2020 pukul 14.00 Wib, tingkat aktivitas vulkanik status Gunung Raung resmi dinaikkan PVMBG dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *