saat mau berangkat pawai sepeda hias (Foto : MuhajirEfendi/RBT)

Sambut Ramadhan, Santri TPQ Darul Huda Sumberurip Gelar Pawai Sepeda Hias

Radiobintangtenggara.com, Siliragung – Santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Darul Huda Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. Ahad pagi (28/4) menggelar pawai Ta’aruf.

Pawai Ta’aruf menyambut bulan Ramadhan dilakukan dengan menggunakan sepeda hias, Sedangkan route yang ditempuh sekitar 7 kilometer dengan menyusuri jalan kampung di Dusun Sumberurip.

Namun sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai Lomba TPQ yang disajikan oleh para panitia, dimulai dari hari Selasa malam (23/4) diantaranya lomba Do’a-Do’a harian, Tartil, dan Bina’usholla.

Salah satu panitia pawai Ta’aruf, Muhammad Purnomo mengungkapkan pawai taaruf ini digelar adanya bentuk Tasyakuran, karena santri sudah melaksanakan berbagai lomba. Untuk itu, pihaknya melakukan pawai Ta’aruf ini, guna memberikan rasa senang terhadap santri TPQ Darul Huda.

“Karena adanya salah satu warga yang menginginkan dilakukannya pawai Ta’aruf, maka kami seluruh Panitia sepakat melaksanakan pawai Ta’aruf ini,” ungkapnya saat di temui Journalis radiobintangtenggara.com.

Ia menjelaskan, bahwa pawai tersebut sengaja digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H / 2019.

“Harapan kami di bulan Ramadhan ini semua santri TPQ bisa semangat untuk menjalankan ibadah puasa dengan sempurna,” ujar Purnomo, atau yang sering dipanggil pak Poh.

Pak Poh menambahkan, usai pawai Ta’aruf juga dilakukan berbagai lomba hiburan dari santri TPQ darul Huda Sumberurip. Mulai dari lomba balap karung pakai Helm, makan kerupuk, makan koin yang menempel di kelapa, dan panjat pinang menggunakan pohon Pisang.

“Kami memang ingin para santri TPQ ini bersenang-senang, karena beberapa malam mereka sudah mengikuti lomba, jadi inisiatif dari Panitia mengadakan lomba hiburan yang dilaksanakan oleh santri TPQ Darul Huda saja,” jelasnya pak Poh.

Pawai Ta’aruf tersebut, menurut pak Poh, masih dilaksanakan baru pertama kalinya di Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, namun pawai tersebut mendapat banyak tanggapan positif dari warga sekitar yang menyaksikan pawai tersebut, dan pawai itu juga mendapat tanggapan yang luar biasa bagi para santri TPQ Darul Huda Sumberuip. Terbukti hampir semua sepeda yang digunakan santri semua dihias yang cukup unik dan menarik.

“Ini masih kami lakukan pertama kalinya, karena sebelumnya belum ada, jadi kami mencoba untuk melakukan pawai ini, serta adanya usulan dari warga yang menginginkan dilaksanakannya pawai sepeda hias yang juga untuk menyambut bulan Suci Ramadhan tahun ini,” imbuhnya. (*)

Muhajir Efendi

About admin

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *