Petugas PLN mengamankan layang-layang yang mengenai instalasi listrik PLN. (Foto. Arif Putra)
Petugas PLN mengamankan layang-layang yang mengenai instalasi listrik PLN. (Foto. Arif Putra)

Layangan Gapangan di Kalibaru Sebabkan Listrik Padam

Radiobintangtenggara.com, KALIBARU – Keluhan perihal listrik yang padam di wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Genteng Banyuwangi terjadi akibat layang-layang yang mengenai jaringan listrik di Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Selasa, (22/09).

Arief Putro, SPV PLN ULP Genteng mengatakan frekuensi gangguan listrik di ULP Genteng cukup mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir karena layang-layang. Ia menjelaskan pada saat suhu menjadi lembab, embun, atau ketika datang hujan, layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik dapat berubah menjadi bahan yang menghantarkan listrik atau konduktor.

Ketika jaringan saling terhubung, maka dapat menyebabkan arus hubung singkat yang mengakibatkan gangguan listrik di masyarakat sekitar. PLN terus menyosialisasikan terkait bahaya layang-layang dengan cara terjun langsung ke masyarakat, kantor desa, dan melalui media sosial serta berbagai cara yang lain.

Ia meminta seluruh masyarakat, untuk tidak bermain layang layang di sekitar jaringan PLN. Selain berbahaya untuk diri sendiri, juga dapat mengganggu pasokan listrik untuk masyarakat sekitar. Kedepan masyarakat bisa lebih bijaksana saat menerbangkan layang-layang.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *