Lumajang

Menristekdikti Harapkan Santri Semangat Belajar Hingga Tempuh Pendidikan Tinggi

Radiobintangtenggara.com, Lumajang – Para santri diharapkan memiliki semangat belajar hingga pendidikan tinggi. Hal itu disampaikan Prof. Muhammad Nasir, Ak., Ph.D., Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia saat kunjungan kerjanya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Banyuputih Kecamatan Jatiroto Kab. Lumajang, Minggu (07/04/2019) sore.

Menteri M. Nasir juga berharap agar para santri harus meguasai ilmu umum di samping ilmu agama, sebagai bekal pengetahuan bersosialisasi di masyarakat yang majemuk. Sebagai motivasi, ia menawarkan beasiswa bagi santri berprestasi yang lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi.

“Saya ingin mendorong santri harus pinter. Santri harus pinter kalau nggak pinter kita akan ditinggal oleh yang lain. Santri harus pintar agar tidak terperdaya oleh orang lain. Mudah-mudahan bisa barokah ilmunya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) yang juga dikenal sebagai seorang santri juga turut memberikan motivasi kepada para santri PP. Miftahul Ulum. Bupati mengungkapkan, bahwa Prof. M. Nasir juga merupakan seorang santri, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“Jangan kuatir tentang masa depan, Prof. Nasir ini dulu adalah santri, yang tidurnya sama seperti santri yang lain. Kalau tidur, kadang bantalnya diambil temannya, ngajinya ya sama seperti para santri,” tuturnya diselingi candaan khasnya.

Bupati Cak Thoriq berpesan, agar para santri tetap mengedepankan semangat terus belajar. Cak Thoriq menuturkan bahwa masa depan cerah ada pada seorang yang mempunyai cita – cita tinggi yang didukung dengan ikhtiar belajar dan do’a.

“Kesempatan bisa datang untuk siapa saja. Santri juga memiliki harapan yang sama dengan anak-anak yang lain,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, KH. Husni Zuhri, mengucapkan selamat datang kepada Menteri Ristekdikti RI. Ia berharap kehadiran Menteri bisa memberikan motivasi belajar untuk para santrinya. “Ahlan wasahlan, dengan kehadiran bapak menteri, semoga nanti bisa memotivasi dorongan bagi para santri,” ungkapnya.

Kunjungan Menristekdikti RI bersama rombongan berlanjut ke Pondok Pesantren Mansya’ul Huda Desa Tukum, Kecamatan Tekung dan direncanakan menghadiri dialog di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang pada Minggu malam.

Muhajir Efendi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top