Beranda News Lumajang Meriahkan Hut Kemerdekaan Ri Ke-73, Pemkab Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Meriahkan Hut Kemerdekaan Ri Ke-73, Pemkab Gelar Lomba Olahraga Tradisional

44
Lomba

Radiobintangtenggara.com, Lumajang – Untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar berbagai jenis perlombaan olahraga tradisional (Ortrad) yang berlangsung pada 7-9 Agustus 2018, bertempat di halaman Kantor Bupati Lumajang.

Kepala Seksi Olahraga dan Rekreasi pada Dispora Kabupaten Lumajang Galih Permadi saat pelaksanaan acara mengatakan bahwa momentum HUT Kemerdekaan RI untuk setiap tahunnya, Pemkab Lumajang selalu menyemarakkannya dengan berbagai kegiatan perlombaan olahraga tradisional yang diperuntukan bagi para Aparatur di lingkungan Pemkab Lumajang.

“Setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini, kami memilih melombakan olahraga tradisional karena saat ini olahraga tradisional yang merupakan warisan budaya telah mulai ditinggalkan oleh anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Dirinya berharap agar permainan atau olahraga tradisional ini bisa dilestarikan dan dikenalkan kembali kepada generasi-generasi muda saat ini, terutama bagi anak-anak. Mengingat, Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya dari bebagai penjuru daerah, dan ini merupakan potensi lokal yang patut dilestarikan, yang salah satunya adalah permainan atau olahraga tradisional.

Disamping itu, Galih Permadi juga mengungkapkan bahwa lomba olahraga tradisional yang melibatkan seluruh unit kerja ini juga diharapkan mampu menjadi ajang silaturahmi bagi para pegawai. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjalin kekompakan antar aparatur sehingga kinerja aparatur akan semakin meningkat. “Dengan begitu nantinya dapat tercipta pelayanan publik yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, dalam momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun ini. Terdapat 4 jenis olahraga tradisional dilombakan, diantaranya Olahraga Tradisional Gobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Gepuk Bantal.

Adapun pemenang dari kegiatan lomba olahraga tradisional yang memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73th ini, diantaranya untuk lomba Gobak Sodor kategori putra yakni Juara I diraih oleh Dinas Kesehatan, Juarah II diraih oleh BPBD, dan Juara III diraih oleh PDAM. Dan, untuk kategori putri yakni Juara I diraih oleh PDAM, Juarah II diraih oleh Satpol PP, dan Juara III diraih oleh Dinas Perikanan.

Kemudian, untuk lomba Terompah Panjang kategori putra yakni Juara I diraih oleh Sekretariat DPRD, Juarah II diraih oleh BPBD, dan Juara III diraih oleh Disparbud. Dan, untuk kategori putri yakni Juara I diraih oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Juarah II diraih oleh Dinas Perikanan, dan Juara III diraih oleh Bakesbangpol.

Untuk lomba Dagongan kategori putra yakni Juara I diraih oleh Satpol PP, Juarah II diraih oleh Dinas Perhubungan, dan Juara III diraih oleh Bagian Hukum Setda. Dan, untuk kategori putri yakni Juara I diraih oleh BPKD, Juarah II diraih oleh Satpol PP, dan Juara III diraih oleh BPRD.

Sedangkan, untuk lomba Gepuk Bantal (Pukul Bantal) kategori putra yakni Juara I diraih oleh BPBD, Juarah II diraih oleh Dinas Pertanahan, dan Juara III diraih oleh Dispendukcapil. Dan, untuk kategori putri yakni Juara I diraih oleh Bagian Umum Setda, Juarah II diraih oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, dan Juara III diraih oleh BKD.

MUHAJIR EFENDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here