Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasribu didampingi Wakapolresta AKBP Didik Harianto serta para pejabat utama Polresta Banyuwangi hari ini Selasa (16/11)
Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasribu didampingi Wakapolresta AKBP Didik Harianto serta para pejabat utama Polresta Banyuwangi hari ini Selasa (16/11)

Polresta Banyuwangi Gelar Apel Pengamanan Pilkades

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasribu didampingi Wakapolresta AKBP Didik Harianto serta para pejabat utama Polresta Banyuwangi hari ini Selasa (16/11) memimpin apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Banyuwangi yang akan berlangsung Rabu, (17/11/2021) besok.

Kapolres mengatakan pengamanan Pilkades Serentak akan berlangsung di delapan desa yang tersebar di tujuh kecamatan, antara lain Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo, Desa/Kecamatan Gambiran, Desa Tegalarum Kecamatan Sempu, Desa Buluagung Kecamatan Siliragung, Desa Sumbersari Kecamatan Srono, Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo, dan Desa Jelun serta Desa Licin Kecamatan Licin.

Kepada seluruh personel yang bertugas, Kapolresta mengingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku pada saat pengamanan di TPS dan jangan berlaku arogan serta benar-benar menjaga netralitas. Perlu diingat, dalam Pilkades ini polisi tidak mempunyai hak dalam Pilkades terkecuali pengamanan. Jaga netralitas, anggota yang terkena Sprin Pengamanan Pilkades dilarang membawa Senpi.

Pedomani pasal 28 UURI No. 2 tahun 2002, bahwa anggota Polri dilarang ikut berpolitik praktis baik langsung maupun tidak langsung. Dan apabila ada permasalahan di TPS, jangan ikut campur terkecuali telah diminta panitia Pilkades.

Kapolresta menambahkan, tugas pengamanan TPS adalah tugas khusus, sehingga setiap anggota harus melakukan pengecekan lokasi TPS yang akan diamankan dan melakukan mapping situasi wilayah geografis serta karakteristik masyarakat di wilayah masing-masing.

Kapolresta juga mengingatkan disiplin penerapan protokol kesehatan merupakan harga mati agar Pilkades serentak ini berjalan sesuai harapan dan tidak menjadi kluster baru pandemi Covid-19. Jika terjadi pelanggaran prokes agar melakukan tindakan tegas dengan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.

Dalam pesta demokrasi tingkat desa ini, Kapolresta juga meminta kepada seluruh calon kades, tim sukses maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif, baik menjelang maupun setelah pelaksanaan Pilkades.

MUHAMMAD HANDOYO

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *