Beranda News Lumajang Pemkab Dukung Pengembangan Durian Lokal Melalui Lumajang Mencari Durian

Pemkab Dukung Pengembangan Durian Lokal Melalui Lumajang Mencari Durian

133
Pemkab Lumajang Mencari Durian

Radiobintangtenggara.com, LUMAJANG – Lumajang Mencari Durian yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, di Kawasan Wonorejo Terpadu, pada hari Sabtu-Minggu (7-8 April 2018), berlangsung meriah dan ramai pengunjung.

Acara ini menyuguhkan diantaranya Kontes Durian Lokal, Festival Durian, Pelatihan Tanam Hidroponik serta Bazar Gelar Produk UMKM. Kontes durian ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kabupaten Lumajang.

Ketua Pelaksana, Ir. Donny Ananto MP., menyatakan dalam Kontes Durian ini pihaknya ingin mencari buah durian asli Lumajang dengan struktur serta cita rasa khas durian Lumajang, dengan harapan plasma nutfah buah yang menjadi juara bisa dikembangkan melalui pohon Induknya, sebagai produk unggulan Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Ir. Imam Suryadi, M.Si., sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua masyarakat Lumajang yang sangat antusias dalam mengikuti acara Lumajang Mencari Durian ini.

Dengan diadakan kontes durian ini, bisa diketahui jenis durian asli Lumajang yang kedepannya akan dikembangkan dan dipetakan sebagai produk unggulan.

Durian lokal yang memenangkan kontes ini akan diperbanyak dan dibudidayakan untuk selanjutnya menjadi produk yang akan dipasarkan hingga keluar daerah.

Selain menerima hadiah uang tunai, bibit sang juara juga akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan sertifikasi. Lebih lanjut, Imam Suryadi mengatakan, pihaknya juga memfasilitasi rekan-rekan petani dan pedagang untuk memamerkan serta menjual produk mereka dengan diadakannya Bazar.

selain itu, adapula acara pelatihan hidroponik dan teknik sambung okulasi untuk masyakarat luas secara gratis, dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat awam maupun profesional mengenai cara budidaya hidroponik yang benar serta penjelasan penggunaan peralatannya.

Adapun materi yang diberikan mulai dari teori mengenai teknik budidaya tanaman dengan sistem hidroponik sampai dengan praktek sederhana dengan penerapan hidroponik untuk pemula yang dapat langsung diaplikasikan di rumah masing-masing.

“Apresiasi kami untuk Peserta yang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir, terlihat juga keaktifan para peserta dengan mengajukan pertanyaan tentang baik tentang tatacaranya maupun bagaimana pemeliharaannya sehingga dapat menghasilkan panen tanaman sayuran yang baik. Pelatihan hidroponik yang kita laksanakan ini sangat menarik minat dari calon peserta, kuota yang awalnya kami rencanakan 50 orangan saat ini lebih dari 70 orang”, imbuh Ir. Imam Suryadi.

Salah satu Juri Kontes Durian, Gamal, menyampaikan, acara yang digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Lumajang ini mendapat dukungan dari petani masyarakat, terbukti dari banyaknya jumlah peserta yakni 78 peserta dengan berbagai jenis durian lokal yang ditampilkan dan dikompetisikan.

“Ini menunjukkan potensi pertanian yang ada di Lumajang sangat bagus sehingga layak dikembangkan kedepannya”, ungkapnya.

Kontes Lumajang Mencari Durian tersebut dimenangkan oleh Durian Kembang milik Novi dengan nomor peserta 56, yang berasal dari Dusun Sidorukun Desa Gucialit Kecamatan Gucialit.

Sedangkan pemenang kedua yaitu nomor peserta 77 milik Abdur Rohman dari Kecamatan Gucialit, pemenang ketiga yaitu nomor peserta 37 milik Arifin dari Kecamatan Gucialit, pemenang keempat yaitu nomor peserta 69 milik Rudiwanto dari Kecamatan Pasrujambe dan pemenang kelima yaitu nomor peserta 28 milik Nanang dari Kecamatan Randuagung.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here