Banyuwangi

Masyarakat Lampon Menggelar Tradisi Petik bersama Puslatpurmar 7 Lampon Banyuwangi

Forpimda Kabupatan Banyuwangi yang hadir dalam kegiatan Petik Laut Lampon. (Foto. Istimewa)

Forpimda Kabupatan Banyuwangi yang hadir dalam kegiatan Petik Laut Lampon. (Foto. Istimewa)

Radiobintangtenggara.com, PESANGGARAN – Dispen Kormar (Banyuwangi).Seluruh Warga Pesisir Pantai Lampon Kampung Baru melaksanakan Petik Laut di Barat Markas Puslatpurmar 7 Lampon mulai Pukul 08.30 Wib yang diikuti Pejabat Forkopimda Banyuwangi. Sabtu 30 Juli 2022.

Petik Laut tersebut merupakan warisan leluhur yang disebut sebagai sedekah masyarakat terhadap laut yang selama satu tahun menjadi tempat mereka mengais rezeki. Setiap tahun para nelayan setempat melaksanakan acara adat Petik Laut.

Ini sebagai ungkapan hasil tangkapan ikan yang melimpah. Sekaligus ritual tolak bala’memohon keselamatan agar terhindar dari bahaya saat berlayar mengarungi lautan.

Acara Petik Laut ini di mulai dari Ruwatan pewayangan, Pembacaan ayat al Quran, Pemasangan Kail Emas pada sesaji yang di lakukan oleh Bupati Banyuwangi dan Komandan Puslatpurmar 7 Lampon dan diakhiri dengan Pelarungan sesaji.

Dalam sambutannya Komandan Puslatpurmar 7 Lampon Letkol Marinir Kardono Syamsu menyampaikan Bahwa Acara Petik laut 1 Syuro Lampon harus Sinergi bersama untuk Pemulihan Ekonomi Banyuwangi, hal ini juga selaras dengan yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani.

Bupati Banyuwangi juga menyampaikan terimakasih banyak kepada Komandan Puslatpurmar 7 Lampon yang telah membantu terciptanya rasa aman di Banyuwangi dengan mewadahi Fasilitas terhadap Perguruan Silat di Banyuwangi, karna sering terjadinya bentrok antara Perguruan Silat yang ada di Banyuwangi.

Hal ini juga sesuai dengan Perintah harian KASAL Laksamana TNI Yudho Margono berkaitan dengan jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dan kesemestaan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Feistiandani, Wakil Bupati Banyuwangi H.Sugirah, Komandan Puslatpurmar 7 lampon Letkol Marinir Kardono Syamsu, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Dedy Foury Millewa, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto, dan Lanal Banyuwang Letkol Laut (P) Ansori.

Selain itu Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Kadis Pariwisata Banyuwangi M. Yanuar Bramuda, Camat Pesanggaran Drs.Agus Mulyono.Msi, Kapolsek Pesanggaran AKP Bashori Alwi, Kepala Desa se Kec. Pesanggaran, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama Islam, Kristen,Katolik Hindu, Budha, Perwakilan Seluruh Perguruan Silat Banyuwangi dan Masyarakat sekitar Pantai Lampon.***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top