Banyuwangi

Banyuwangi PPKM Level 3, Destinasi Wisata Belum Beroperasi Secara Penuh.

Radiobintangtenggara.com – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Banyuwangi saat ini memasuki level 3, hal tersebut menurun dari sebelumnya yang sempat masuk pada PPKM level 4, walaupun demikian menurunnya level tersebut masih sangat dirasakan oleh penggiat pariwisata, pasalnya saat ini beberapa destinasi wisata masih tidak diperbolehkan untuk beroperasi secara normal.

Walaupun destinasi wisata tidak diperbolehkan untuk beroperasi secara normal, namun pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, masih melonggarkan restoran dan warung-warung yang berada di tempat wisata untuk melakukan aktivitasnya secara normal.

MY Bramuda selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi mengatakan, saat ini pihaknya masih melonggarkan bagi restoran dan warung-warung yang berada di destinasi wisata maupun dekat dengan tempat wisata untuk buka dan melayani pembeli, “ini merupakan siasat kami agar beberapa warung dan restiran yang berada di destinasi tersebut tetap mendapat pemasukan walaupun sedikit”, ujarnya.

Baginya walaupun tempat wisata dan tiket wisata secara langsung tidak diperjual belikan secara penuh, namun masyarakat boleh menikmati makanan di sekitaran destinasi tersebut.

“saat ini kami memperbolehkan warung makan dan restoran di beberapa tempat wisata untuk beroperasi, silahkan menikmati makanan di destinasi wisata seperti di tepi-tepi pantai, dan beberapa restoran di dekat distinasi wisata lainnya” Pungkasnya.

Sebelumnya demi meringankan beban peara penggiat pariwisata di Kabupaten Banyuwangi pihaknya telah melakukan penyaluran bantuan paket sembako kepada beberapa pelaku wisata seperti, Pokdarwis, pelaku seni, budayawan, pelaku sound sistem, sanggar seni, hingga pemandu wisata.

“Hal tersebut merupakan bentuk dari kepedulian kami terhadap pelaku wisata yang terdampak” pungkasnya.

Mengenaai kapan pembukaan destinasi wisata secara penuh, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat maupun daerah, “kita masih menunggu evaluasi jika di rasa Kabupaten Banyuwangi telah membaik dan level PPKM-nya menurun kita bisa melakukan tindakan lebih lanjut, kuncinya ada di level” tuturnya.

Andika Yoga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top