Pagelaran Wayang di dekat Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. (Foto. Pemkab Banyuwangi)
Pagelaran Wayang di dekat Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. (Foto. Pemkab Banyuwangi)

Ragam Seni Budaya Banyuwangi Bakal Meriahkan WSL


Radiobintangtenggara.com, TEGALDLIMO –
Gelaran World Surf League (WSL) yang akan dihelat di G-Land, kawasan Alas Purwo, Banyuwangi akan dimeriahkan dengan beragam sajian seni budaya. Seperti halnya pagelaran wayang kulit, jaranan buto, dan beragam tarian daerah. Semuanya akan disajikan di pasar wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Rabu-Minggu (25-29/05/2022).

“Kami mengenalkan beragam seni budaya Banyuwangi kepada masyarakat luas. Khususnya kepada para pesurfer dan turis mancanegara lainnya yang sedang hadir dalam event WSL kali ini,” terang Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (25/5/2022).

Dengan ragam sajian tersebut, Ipuk berharap, akan semakin memberikan nilai tambah dan kesan bagi para pesurfer yang datang ke Banyuwangi. G-Land selama ini telah dikenal di kalangan pesurfer dunia dengan ombaknya serta keindahan hutannya. 

“Kali ini  kita ingin menambahkan pengalaman mereka dengan keindahan seni budaya di Banyuwangi. Sehingga nantinya bisa membuat mereka semakin betah dan sering datang ke Banyuwangi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi M Yanuar Bramuda menyebutkan, rangkaian acara tersebut dikemas dalam tajuk Banyuwangi Culture Art. “Setiap malam akan dihibur dengan beragam kesenian yang berbeda,” ujar Bramuda.

Pada hari pertama, Rabu malam (25/5/2022), akan dibuka dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Lalu, pada hari kedua, akan diisi dengan pembacaan selawat berjamaah. “Ini tidak sekadar hiburan. Tapi, ini juga sebagai simbolisasi untuk memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran selama pelaksanaan WSL,” terangnya.

Pada malam-malam selanjutnya, akan diisi dengan beragam tarian dari pelajar Banyuwangi. Sekaligus juga akan dimeriahkan dengan jaranan buto setiap malamnya. Secara berurutan akan tampil jaranan buto dari kelompok seni jaranan buto Tri Budoyo Manunggal, Setyo Budoyo Manunggal dan Purwo Budoyo.

“Acara akan digelar setiap pukul 19.00 WIB. Terbuka untuk umum dan semua masyarakat bisa hadir menyaksikannya,” pungkas Bramuda.

Selain itu, juga akan digelar ber agai aktivitas yang akan ikut menyemarakkan event ini. Seperti Banyuwangi Campers pada 26-28 Mei 2022. Sebanyak 130 mobil camper van akan keliling Banyuwangi selama 3 hari. Juga ada G-Land Ride 2022 pada Kamis (26/5/2022). Para komunitas bersepeda akan menempuh jarak sejauh 70 km dari pusat kota Banyuwangi menuju G-Land. (Far/RBT)

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *