Banyuwangi akan gelar Banyuwangi Underwater Festival. (Foto : Istimewa/RBT)

Menteri Susi Pudjiastuti akan Buka Banyuwangi Underwater Festival

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Mengawali Banyuwangi Festival pada bulan April ini, akan digelar Banyuwangi Underwater Festival pada Selasa, 2 April 2019. Dipastikan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan membuka festival bawah laut tersebut di wisata Bangsring Underwater, Banyuwangi.

Dikatakan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Suyanto Waspo Tondo bahwa Menteri Susi dijadwalkan akan membuka acara tersebut pada Selasa pagi. Menteri Susi akan mengikuti serangkaian acara festival.

“Besok Bu Susi akan membuka dan langsung mengikuti sejumlah acara. Mulai dari marine education yang diikuti pelajar yang kebanyakan anak nelayan, hingga menenggelamkan terumbu karang transplantasi,” kata Yayan, panggilan akrabnya.

Saat marine education, lanjut Yayan, Bu Susi akan memotivasi siswa-siswa sekolah tentang pentingnya menjaga ekosistem laut. Selain itu, Bu Susi juga akan turut mengobati ikan hiu yang luka dan melepas hiu yang sembuh yang berada di Rumah Apung Bangsring Underwater.

“Rencananya, beliau juga akan main kano di sana,” kata Yayan.

Kawasan wisata Bangsring Underwater adalah kawasan konservasi laut. Kelompok nelayan di sini berhasil memperbaiki ekosistem laut dengan mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan para nelayan.

Sekitar 2 km dari bibir pantai, berdiri Rumah Apung yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di rumah apung tersebut, para wisatawan bisa diving, snorkeling, atau sekedar bermain dengan ikan-ikan hias yang ada di sana. Nelayan setempat juga menyewakan perahu bagi wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Tabuhan, sebuah pulau tak berpenghuni yang menawarkan pasir putih bersih dengan kekayaan biota laut yang menawan.

Festival bawah laut ini diwarnai sederet kegiatan menarik yang sarat edukasi. Seperti lomba memungut sampah laut oleh 1000 nelayan, pelatihan mengolah sampah oleh 500 nelayan, hingga lomba mengolah sampah menjadi barang seni dan bermanfaat.

Selain Banyuwangi Underwater Festival, dalam Bulan April ini terdapat delapan event lainnya. Yakni Festival Musik Jalanan (6 April), Festival Lembah Ijen (20 April), Festival Kebaya (24 April), Banyuwangi Agro Expo (25 April – 1 Mei). Lalu festival Toilet dan Kali Bersih (26 April), Banyuwangi Culinary Festival dan Banyuwangi Art week (27 April – 1 Mei),  Women Cycling Challenge (27 April). (*)

MUHAJIR EFENDI

About admin

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *