Banyuwangi

Peringati Hari Rabies Sedunia Dinas Pertanian siapkan 2.400 Dosis Vaksin Rabies

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Dinas pertanian dan pangan Banyuwangi di hari rabies sedunia menggelar vaksin rabies untuk hewan liar dan peliharaan Dengan menyiapkan 2.400 dosis vaksin pada Selasa, (28/09/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Sakit Hewan (RSH) Banyuwangi, dengan di hadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat kunjungannya Bupati meninjau pelaksanaan vaksinasi Rabies tersebut.

Mengenai vaksin rabies ini pihak Dinas perikanan dan pangan Banyuwangi telah menyiapkan 800 dosis vaksin untuk hewan peliharaan, 500 dosis dilaksanakan di RSH Banyuwangi, dan 400 dosis lainnya di sebar di beberapa puskeswan di Banyuwangi.

Sedangan untuk 1.500 dosis vaksin yang diperuntukan untuk hewan liar, pihak Dinas Pertanian dan pangan bersama Tim melaksanakan vaksinasi tersebut dengan menyisir hewan liar yang ada di kabupaten Banyuwangi, seperti diwilayah pesisir hingga perbatasan Kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian dan pangan Banyuwangi Arif Setiawan mengatakan, dalam kegiatan vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR) ini atusias masyarakat dalam mengikutkan hewan peliharaannya cukup tinggi, pasalnya saat ini kuota vaksin sejumlah 900 dosis yang disebar di RSH dan Puskeswan di Kabupaten Banyuwangi telah terpenuhi.

“tahapan dalam vaksinasi ini mulai dari pendaftaran hingga proses penyuntikan. Dalam waktu tiga hari pendaftaran yang dilaksanakan secara online ini kuota sudah terpenuhi” ujarnya.

“Jadi hewan yang dilaksanakan vaksinasi Rabies ini adalah Hewan Pembawa Rabies (HPR) seperti, anjing, kucing, kera, musang dan dan beberapa hewan pembawa rabies lainnya” tambahnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pemda Banyuwangi, melalui dinas pertanian dan pangan, vaksin rabies ini diadakan selain untuk memperingati hari rabies sedunia juga bertujuan agar mengurangi penularan penyakit rabies yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Jurnalis: Andika Yoga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top