Persiapan liga selancar paling bergengsi dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, yang akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto. Istimewa)

Bupati Ipuk Pimpin Rapat di Pantai Plengkung, Jelang Liga Selancar Dunia

Radiobintangtenggara.com, TEGALDLIMO – Persiapan liga selancar paling bergengsi dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, yang akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur, pada 28 Mei–6 Juni terus dimatangkan. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, meninjau langsung persiapan di G-Land, Selasa (10/5/2022). 

Ipuk memimpin rapat koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan event yang memiliki social media engagement terbesar ketiga ajang olahraga dunia dan melampaui Moto GP itu sukses digelar.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Balai Taman Nasional Alas Purwo, pelaksana pembangunan kontruksi judge tower, serta jajaran Pemkab Banyuwangi seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan lainnya. 

“Kami datang ke sini untuk melihat langsung persiapan WSL. Apa yang menjadi kendala dan apa yang bisa kami bantu, dan apa-apa yang perlu dipercepat,” kata Ipuk. 

Ipuk mengatakan, WSL memberikan dampak yang luas bagi pariwisata tidak hanya bagi Banyuwangi, namun juga Indonesia. “Ini harus dipersiapkan secara matang. Ini momentum pemulihan ekonomi. Dampaknya ke depan akan luar biasa bagi Banyuwangi,” tambah Ipuk. 

Di Pantai Plengkung, Ipuk meninjau pembangunan judge tower, yang salah satunya terletak di laut. Itu digunakan sebagai tempat juri melakukan penilaian. Ipuk menanyakan progres pengerjaan pelaksana pembangunan judge tower yang terus dikerjakan.

“Pihak pelaksana optimistis tidak lama lagi pembangunan judge tower sudah selesai,” kata Ipuk.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani meninjau pembangunan judge tower, yang salah satunya terletak di laut. Itu digunakan sebagai tempat juri melakukan penilaian. (Foto. Istimewa)

Sementara Kepala Balai TN Alas Purwo, Nuryadi mengatakan, pihaknya siap membantu segala yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan event internasional tersebut. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan semua stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan kejuaraan surfing tersebut.

“Ya kami terus komunikasi dengan PLN untuk kelistrikan dan juga penyedia jaringan internet. Karena nanti akan ada live streaming pelaksanaan lomba dari judge tower yang ada di laut. Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara tersebut. Kalau yang di lokasi kami sediakan giant screen,” kata Nuryadi.

Usai tinjau lokasi, Ipuk langsung menggelar rakor bersama lintas sektoral yang dipimpin langsung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves). Dipimpin Kosmas Harefa, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, segala persiapan terkait pelaksanaan dibahas secara detail.

Rapat diikuti Kemenpora, Kementrian Pariwisata dan Ekraf, Kementrian PUPR, Kemenkominfo, Kementrian LHK, TNI/Polri, PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia), Pemprov Jatim, Telkom dan Telkomsel, PLN, dan Pertamina.

“Seluruh pihak harus bisa bergerak cepat, kita bahas secara intens mana-mana  yang perlu diakselerasi. Ini momen yang sangat baik untuk kebangkitan ekonomi nasional,” ujar Kosmas.

WSL Championship Tour 2022 sendiri digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti. (Far/RBT)

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *