Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi (Foto:Istimewa/RBT)

Waspada Hepatitis Akut, Banyuwangi Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi melakukan upaya kesiapsiagaan menyikapi ditemukannya kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologi alias penyebabnya di tanah air. Seluruh rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan telah disiapkan apabila ditemukan kasus hepatitis ‘’misterius’’ tersebut.

“Sesuai arahan dari Kemenkes, kami imbau agar seluruh fasilitas kesehatan untuk bersiap. Rumah sakit, puskesmas, dan labkesda harus melakukan pemantauan dan melaporkan kepada dinas terkait jika ada indikasi yang mengarah pada kasus tersebut,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan, Amir Hidayat, Rabu (11/5/2022).

Seluruh faskes, imbuh Amir, juga diimbau untuk siap jika ditemukan gejala hepatitis akut pada warga. Untuk selanjutnya meningkatkan surveilans dan penyelidikan epidemiologis guna mempermudah penanganannya.

“Meskipun di Indonesia sudah ditemukan kasus ini, saya minta warga waspada namun jangan panik berlebihan. Tetap waspada, kenali gejalanya, dan segera hubungi faskes terdekat jika ada gejala yang mengarah ke sana,” paparnya.

Gejala awal yang sering dikeluhkan penyakit ini antara lain nyeri perut, muntah, diare ringan/berat, dan kehilangan nafsu makan. Sedangkan gejala lanjutannya, air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat. Kemudian warna mata dan kulit menguning , gangguan pembekuan darah, kejang hingga menurunnya kesadaran.

Amir menambahkan untuk pencegahannya masyarakat diimbau untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta protokol kesehatan secara disiplin.

“Jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan pakai sabun, pastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang, jangan bertukar alat makan, serta hindari kontak dengan orang sakit,” ujar Amir.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Amir Hidayat. (Foto. Istimewa)

Untuk sementara, masyarakat juga dihimbau agar tidak berenang di kolam renang umum. Tidak bermain di playground, serta hindari menyentuh hand railing (sarana pegangan tangan pada tangga dan sejenisnya), knop pintu, dinding, dan lain-lain yang sering dipegang orang.

“Tetap gunakan masker dan jaga kebersihan area sekitar mata, hidung, serta mulut,” tegasnya.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 440/6891/429.112/2022 Tentang Kewaspadaan Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang tidak Diketahui Etiologisnya di Kabupaten Banyuwangi.

Dalam SE tersebut, juga diharapkan segenap kepala perangkat daerah, camat, lurah, kades, dan seluruh kepala faskes untuk menyampaikan imbauan kepada penjual makanan dan minuman untuk mencuci alat makan atau minum dengan air mengalir.

“Mohon gunakan alas makan seperti kertas minyak, atau menggunakan tempat makanan dan minuman sekali pakai. Sehingga tidak berisiko,” pungkasnya. (Far/RBT)

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *