Banyuwangi

Dampak Pandemi TN Baluran, Tutup Selama Dua Pekan

Rilis Surat Edaran dari Taman Nasional Baluran. (Foto. Hendrik)

Radiobintangtenggara.com, SITUBONDO – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), kawasan Taman Nasional (TN) Baluran di Situbondo ditutup. Penutupan dilakukan terhadap seluruh Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) di wilayah konservasi tersebut. Penutupan TN Baluran akan dilakukan selama 14 hari, terhitung Senin (21/12/2020) hingga 3 Januari mendatang.

Hendri Restiono, Polisi Hutan TN Baluran menyampaikan Penutupan TN Baluran kali ini adalah yang kedua dilakukan sejak masa pandemi COVID-19. Di antaranya untuk mengantisipasi dampak risiko meluasnya virus COVID-19. Baik bagi pengunjung, petugas, pelaku wisata, maupun masyarakat. Penutupan kali ini juga atas arahan Satgas COVID-19 Situbondo setelah ditemukan sejumlah kasus penderita COVID-19 di TN Baluran.

“Warga yang akan datang ke TN Baluran perlu melakukan pengecekan lagi,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Minggu, (20/12).   Minggu (20/12/2020).

Menurut Hendri, ada beberapa obyek wisata di wilayah TN Baluran yang praktis akan ikut tutup. Mulai Padang Savana, Resort Bekol, Pantai Bama, dan sejumlah wisata alam lainnya. Sebab seluruh akses atau pintu masuk menuju ke sejumlah obyek wisata tersebut, harus melewati pintu gerbang TN Baluran.

Sebelumnya, bulan Maret lalu, TN Baluran juga sempat melakukan penutupan. Sebelum ditutup, kala itu TN Baluran sempat mendapat kunjungan wisawatan asal Jepang. WNA Jepang yang datang berkunjung itu bahkan juga sempat bermalam.

“Jadi, praktis tutup semua karena akses masuknya melewati pintu TN Baluran,”  ujarnya.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top