Banyuwangi

Malam Tahun Baru TWA Ijen Tetap Buka

Radiobintangtenggara.com, LICIN – Meski pandemi Covid-19 masih mengguncang Indonesia sejak awal tahun, namun beberapa destinasi wisata masih tetap membuka kunjungan tentu dengan sejumlah ketentuan baru, termasuk di Gunung Ijen, Banyuwangi.

Selain memastikan kondisi kesehatan, pendaki juga diharuskan membawa hand sanitizer, disinfektan dalam botol kecil, masker beserta cadangannya, serta memakai baju lengan panjang. Sementara, tiket mendaki dijual pengelola secara daring.

Purwantono Kasie Konservasi Wilayah V BKSDA Jatim mengatakan pendaki juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, mulai dari jaga jarak saat pemeriksaan tiket, mencuci tangan, dan pemeriksaan suhu tubuh. “Pengelola pun membatasi pendaki hanya sejumlah 450 orang saja,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara. Jum’at, (25/12).

Menurut Pur, mengenai taman wisata alam kawah ijen yang masih tetap dibuka tentu dengan protocol ketat. Bagi masyarakat yang akan melakukan pendakian di ijen harus melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu melalui website resmi yakni https://bbksdajatim.org/ untuk pembayaran masih tetap ditempat atau tunai.

Sementara tepat pada tanggal 1 Januari 2021 kawah ijen juga masih tetap dibuka karena memang moment 1 tahun sekali maka ijen masih menerima kedatangan wisatawan domestik. Tentunya harus mematuhi prokes yang sudah di berlakukan. Untuk penerapan prokes sendiri di kawasan kawah ijen di sampaikan  Purwantono sampai saat ini juga masih di perketat.

Meski kondisi cuaca di wilayah kawah ijen akhir tahun ini sering diguyur hujan bahkan beberapa kali ketika cuaca buruk petugas kawah ijen menutup sementara jalur pendakian untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan. Ia juga menghimbau untuk masyarakat yang akan melakukan pendakian ke kawah ijen tetap berhati hati dengan kondisi cuaca saat ini.

“Kami juga meminta  masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang sudah di terapkan pemerintah,” ujarnya.

Najunda Tara

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top