Banyuwangi

Ketua DPRD Banyuwangi hari kesaktian pancasila harus dimaknai lebih, bukan hanya ceremonial

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara berharap di momentum hari kesaktian pancasila tidak hanya dijadikan sebagai ceremonial saja, namun harus lebih dari itu.

Setiap tanggal 1 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dengan berbagai kegiatan seperti upacara, pengibaran bendera setengah tiang, dan beberapa kegiatan lainnya.

Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, pada Jumat, (01/10/2021) mengatakan Pancasila sudah terbukti sebagai pemersatu bangsa. Maka dari itu, Made mengajak di momen 1 Oktober ini sebagai ajang meningkatkan pemahaman terhadap ajaran-ajaran yang ada di dalam pancasila tersebut.

“Pancasila sudah terbukti berhasil dari rongrongan semua paham yang diluar pancasila. Mudah-mudahan momentum 1 Oktober dengan kondisi saat ini, juga sebagai Vaksnin ideologi bagi masyarakat kususnya banyuwangi dalam memperkuat pemahaman ideologi kita dari ideologi asing,” ungkapnya.

Made juga berpesan, agar nilai-nilai Pancasila bisa ditanamkan sejak dini sehingga mendarah daging dan tercermin dalam perilaku sebagai Bangsa Indonesia.

“nilai-nilai Pancasila akan sangat besar artinya. Termasuk sebagai modal untuk membangun masyarakat, saling menghormati dan menghargai, serta bersama-sama membangun Banyuwangi lebih maju” ungkapnya.

“Saat ini adalah momentum bagi kita untuk lebih memahami dan mendalami ajaran-ajaran bangsa yang merupakan warisan budaya nusantara, seperti gotong royong, dan rasa kemanusiaan,” beber Made.

Jurnalis: Andika yoga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top