Banyuwangi

Tiga Hari Lagi, Kapal Penyeberangan Ketapang-Lembar Resmi Beroperasi

Radiobintangtenggara.com, KALIPURO – Kementerian Perhubungan resmi membuka rute kapal penyeberangan kapal dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Lembar Lombok pergi-pulang. Fahmi Alweni General Manager ASDP Ketapang mengatakan penyeberangan dari Ketapang Banyuwangi menuju Lembar Lombok resmi dibuka 26 Desember nanti.

Meski penyeberangan dari Ketapang menuju Lembar, Lombok dibuka tanggal 26 Desember namun penyeberangan perdana dimulai sejak 25 Desember dari Lembar menuju Ketapang. “Waktu yang dibutuhkan untuk penyeberangan Ketapang – Lembar sekitar 10 hingga 12 jam dengan kecepatan kapal normal,” katanya.

Menurut Fahmi ada tujuh kapal yang akan di operasikan dengan kapasitas mencapai 200-300 penumpang. Karena penyeberangan Ketapang  menuju Lembar dibuka di masa pandemi, protokol kesehatan tetap akan dilakukan, seperti pemakaian masker dan menjaga jarak.

Untuk pemesanan tiket dapat dilakukan go show dengan pembayaran cash yang bisa dibeli di Terminal Sritanjung untuk wilayah Banyuwangi dan Pelabuhan Lembar untuk Wilayah Lombok. Calon penumpang yang akan membeli tiket harus membawa identitas diri seperti KTP/SIM.

“Saat ini persiapan untuk penyeberangan Ketapang – Lombok sudah hampir final, termasuk untuk armada dan pelabuhan sudah ready untuk penyeberangan 26 Desember nanti,” ujarnya.

Fahmi menambahkan banyak keunggulan yang akan dirasakan masyarakat dengan adanya penyeberangan Ketapang – Lembar. Seperti waktu tunggu yang cepat, masyarakat yang sudah beli tiket bisa langsung masuk pelabuhan untuk melakukan pengecekan tiket dan langsung masuk ke kapal.

Selain itu harga tiket yang terjangkau, dan jarak tempuh yang relatif lebih cepat dan singkat karena tidak harus transit di Bali juga menjadi keunggulan tersendiri dari penyeberangan ini.

Nourma Aini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top