Beranda News Banyuwangi Ikawangi Kabupaten Sorong Resmi Memiliki Gedung Serbaguna

Ikawangi Kabupaten Sorong Resmi Memiliki Gedung Serbaguna

1129
Foto : Peta Indonesia yang menunjukkan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sorong.

Banyuwangi – Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) yang tersebar diseluruh Indonesia nampaknya terus mengalami pertumbuhan. Beberapa waktu lalu di Kalimantan, Batam dan Solo sudah resmi terbentuk. Kali ini giliran warga Banyuwangi yang bermukim di bumi cendrawasih menunjukan eksistensinya. Tepat di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, telah tumbuh Ikawangi yang cukup besar. Bahkan warga Banyuwangi yang berada di tempat tersebut, memiliki gedung khusus Ikawangi.

Terbukti, Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy bersama Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko meresmikan gedung serbaguna itu. Acara tersebut dirangkai dalam sebuah kegiatan dengan tema “Semarak Sewindu Ikawangi Sorong,”. Dalam acara tersebut hadir pula Bupati Sorong Stephanus Malak, Wabup Sorong Suka Harjana, Ketua DPRD Sorong dan sejumlah pengusaha Sorong. Minggu (10/4)

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko saat meresmikan Gedung Serbaguna tersebut mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Sorong yang telah memperhatikan warga Banyuwangi. Dirinya berharap warga bumi blambangan yang saat ini berada di Sorong terus bisa menjaga kerukunan dan kekompokan di perantauan. Lebih lanjut Yusuf berharap warganya bisa memberikan kontribusi lebih dalam membangun Kota Sorong lebih maju.

Pembangunan gedung serbaguna tersebut menelan dana sekitar Rp 800 juta yang didapat dari iuran anggota Ikawangi yang ada di sana, serta bantuan dari Pemkab Sorong. Gedung Ikawangi tersebut ternyata dibangun mulai tahun 2014 lalu. Bangunan yang luasnya  224 meter persegi ini, difungsikan untuk pertemuan rutin dan berbagai kegiatan sosial Ikawangi. Jumlah anggota Ikawangi di Sorong saat ini sekitar 8 ribu orang.

Selain meresmikan Gedung Serbaguna Ikawangi, Wabup Yusuf juga mengukuhkan anggota kehormatan Ikawangi terdiri dari 4 orang yang merupakan warga Sorong. Pengukuhan ditandai dengan pemasangan udeng di kepala anggota kohormatan, dengan didampingi Bupati Sorong, Stephanus Malak.

Peresmian ini dihadiri dari seluruh anggota Ikawangi yang ada di Kabupaten Sorong. Dalam acara ini sejumlah kesenian dan tarian khas Banyuwangi, seperti Tari Gandrung dan Jaranan turut memeriahkan acara ini. Setelah itu diakhir acara para peserta menyanyikan lagu Umbul-umbul Blambangan sebagai tanda jika acara tersebut selesai dilaksanakan.

Reporter : Rizki Restiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here