Beranda News Banyuwangi Pabrik Gula Glenmore Resmi Beroperasi

Pabrik Gula Glenmore Resmi Beroperasi

1668
0

Banyuwangi – PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang berlokasi di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore siang tadi diresmikan langsung ole Menteri BUMN, Rini Soemarno. Selasa (2/8).

Perusahaan BUMN yang dibangun melalui sinergi PT Perkebunan Nusantara XI dan PT Perkebunan Nusantara XII ini, merupakan pabrik gula (PG) termodern di Indonesia saat ini. “Saya bangga dengan pabrik gula modern ini,” kata Rini disela pelaksanaan giling perdana IGG.

Pembangunan pabrik gula modern di Banyuwangi ini sebut Rini, untuk mengatrol produksi gula nasional. Selain itu dengan adanya IGG ini diharapkan bisa memacu semangat para petani tebu lokal. “PG ini termasuk pabrik baru di Indonesia yang di bangun pertama kali sejak 31 tahun lalu,” lanjutnya.

Sementara menurut Direktur Utama PT Industri Gula Glenmore (IGG) Ade Prasetyo, pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 3.110 hektar ini, pada bulan Agustus dirancang berkapasitas 6.000 TTH. Dengan rancangan tersebut kapasitas dapat ditingkatkan hingga 8.000 TTH pada 2019 mendatang.

Sebagai pabrik gula modern, limbah IGG yang dihasilkan akan dikelola menjadi produk sampingan yang bermanfaat. Salah satunya mampu menghasilkan daya listrik 6 Mega Watt (MW), bioethanol, pupuk organik, dan pakan ternak.

Rizki Restiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here