Bupati Anas saat memberikan sambutan

Agar Keselamatan Penerbangan Aman, Penyidik Kumpul di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI –  Sebanyak 100 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Penerbangan berkumpul di Banyuwangi untuk membahas masalah keamanan dan keselamatan penerbangan. Acara juga diikuti jajaran operator bandara dan aparat keamanan.

Kepala Sub Direktorat PPNS dan Personil Keamanan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Israfulhayat, mengatakan, masalah keamanan penerbangan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Untuk perlu dilakukan konsolidasi terkait pencegahan dan penanganan tindak pidana penerbangan, Kamis (16/3).

Banyuwangi dipilih sebagai lokasi penyelenggranaan pertemuan PPNS Penerbangan, menurut Israful, karena kabupaten paling ujung timur Jawa ini dinilai sangat berkontribusi terhadap dunia penerbangan nasional.

Bandar Udara Blimbingsari Banyuwangi sendiri telah dinilai sebagai bandara terbaik di Indonesia dalam hal safety and security (keamanan dan keselamatan).

Penilaian diberikan oleh Kementerian Perhubungan karena Bandara Blimbingsari meraih poin tertinggi dalam enam aspek pengamanan bandara, seperti pengamanan bandara, prosedur operasi standar yang diterapkan, hingga kualifikasi petugas bandara. Penilaian itu muncul setelah dilakukan audit pada 185 unit penyelenggara bandar udara (UPBU) di bawah Kementerian Perhubungan se-Indonesia.

Israful mengatakan, salah satu kasus tindak pidana yang menjadi perhatian adalah masalah candaan bom. Kasus candaan bom ini menjadi kasus yang paling dominan dalam tindak pidana penerbangan. Telah terjadi 54 kasus sepanjang 2015 sampai 2016 terkait masalah tersebut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang membuka acara menyampaikan, selain mengantisipasi tindak pidana penerbangan, pihak bandara juga harus mampu mewujudkan suasana yang nyaman bagi penumpang.

Untuk itu, lanjut Anas, bandara harus berinovasi dengan menonjolkan kekhasan, seperti mengadopsi budaya lokal. Banyuwangi sendiri telah memiliki bandara dengan terminal hijau pertama di Indonesia. Selain dibangun dengan arsitektur khas Banyuwangi, bandara tersebut didesain ramah lingkungan, di antaranya dengan tidak menggunakan AC dan menerapkan pengaturan sirkulasi air yang optimal.

Penumpang di bandara Banywuangi tiap tahun melonjak. Pada 2011, jumlah penumpang baru tercatat 7.826 orang per tahun, lalu melonjak hingga 1.339 persen menjadi 112.661 orang pada 2016.

Hermawan

About Rima Indah

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *