Beranda News Banyuwangi Hadir di Festival Kuwung, Kapolres Apresiasi Tradisi Banyuwangi

Hadir di Festival Kuwung, Kapolres Apresiasi Tradisi Banyuwangi

101
2
Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. beserta Ny. Selvi Adityawarman hadir dalam pagelaran Festival Kuwung 2017, Sabtu (9/12)

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. beserta Ny. Selvi Adityawarman hadir dalam pagelaran Festival Kuwung 2017.

Kedatangan pucuk pimpinan Polres Banyuwangi tersebut sebagai bentuk dukungan polri kepada program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk melestarikan budaya daerah.

Kapolres Banyuwangi yang notabene baru seminggu menjabat menyampaikan ucapan terima kasih telah diterima baik dan menjadi suku Osing bagian dari masyarakat Banyuwangi.

“Kabupaten Banyuwangi ini memiliki pesona alam dan budaya beragam, tentu memikat setiap orang untuk berkunjung ke destinasi wisata yang sarat akan budaya ini,” katanya.

Pihak Polres Banyuwangi siap mendukung Pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan Banyuwangi agar lebih dikenal dan tidak kalah dengan daerah lain.

Baca Juga. Usung Pelestarian Budaya, Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Kuwung 2017

Menggunakan pakaian serba hitam dan udeng (ikat kepala) orang nomor satu di jajaran Polres Banyuwangi itu menikmati setiap prosesi acara yang berlangsung.

Ditemani oleh sang istri, Ny. Selvi Adityawarman yang memakai selendang kain khas Banyuwangi juga nampak antusias menyaksikan festival unjuk gigi para budayawan lokal.

Mengusung tema Mekar Semebyar Tamansarine Nusantara, acara yang dihelat di depan Kantor Pemerintah Kabupaten sukses memikat penonton.

Festival Kuwung yang berarti pelangi menampilkan keanekaragaman penduduk Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari suku Jawa, Using, Madura, Tionghoa dan Arab. Dalam keragaman etnis dan latar belakang budaya kerukunan tetap dijaga sejak berpuluh tahun yang lalu.

Baca Juga. Bantu Pengungsi Gunung Agung, Pemkab Banyuwangi Kirim Relawan

Sebanyak 500 peserta dari berbagai daerah turut menyemarakkan acara tersebut. Diiringi suara musik yang rancak sepanjang acara turut menambah kemeriahan perhelatan akbar tersebut.

Kapolres Banyuwangi mengatakan polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memiliki andil yang besar dalam menjaga persatuan dan kerukunan masyarakat Banyuwangi.

Polres Banyuwangi siap terjun langsung ke lapangan untuk turut serta mengamankan wilayah dan menebarkan perdamaian di Kabupaten Sunrise Of Java ini.

“Komitmen kami bersama – sama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menjaga kebhinekaan di Bumi Blambangan agar lebih maju dan semakin dikenal oleh dunia”, imbuh Kapolres Banyuwangi.

RENDRA PRASETYO

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here