Ilustrasi

Kembali, Gempa Bumi Nusa Dua Bali Terasa di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Pada Senin (29/7) sekitar pukul 04.23 Dinihari, wilayah Kuta diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,7 SR. Gempabumi ini terasa hingga di Banyuwangi.

Dari hasil laporan BMKG, episenter terletak pada koordinat 9,22 LS dan 114,52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km barat daya Nusa dua Bali, pada kedalaman 46 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, yang diakibatkan aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Kepala BMKG Banyuwangi Supriyono saat dihubungi jurnalis radiobintangtenggara.com mengatakan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banyuwangi I MMI, Kuta II-III MMI dan Nusa Dua, Ungasan, Lombok Tengah II MMI. Getaran dirasakan di beberapa tempat di Banyuwangi.

Supriyono menghimbau untuk mencermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempabumi. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

“Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan,” ujarnya. (*)

Muhajir Efendi

About admin

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *