Rapat Pleno Terbuka hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). (Foto. Istimewa)

PPS Desa Barurejo Gelar Rapat Pleno DPHP

Radiobintangtenggara.com, SILIRAGUNG – Penitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) data pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. Senin (31/08/2020) Jam 13.00 WIB.

Rapat pleno Terbuka yang digelar di Kantor Sekretariat PPS Desa Barurejo itu dihadiri langsung oleh Ketua PPS beserta Anggota, Staff, Kepala Desa Barurejo, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), Parpol, dan PPDP Barurejo.

Ketua PPS Desa Barurejo, Khoirul Aminulloh menjelaskan, rapat pleno terbuka kali ini pertama dalam proses tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada 9 Desember 2020 mendatang. “Rapat pleno kalo ini membahas terkait rekapitulasi DPHP data pemilih,” ujarnya saat memberikan sambutan rapat pleno. Senin (31/08).

Selain itu, tujuan dari rapat pleno Terbuka kali ini adalah untuk mengetahui pemilih A.KWK, Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Pemilih baru dan perbaikan data pemilih.

“Rekapitulasi DPHP ini berdasarkan hasil Coklit yang dilakukan oleh petugas PPDP selama 30 hari sejak bulan Juli hingga Agustus 2020 kemarin,” tandasnya.

Irul mengatakan, Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP yang dgelar merupakan hasil pencocokan dan penelitian data dari proses coklit yang telah dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang terbagi dalam 35 TPS se-Desa Barurejo.

Rekapitulasi pemilih baru sebanyak 395 pemilih dengan rincian laki-laki berjumlah 204 pemilih dan perempuan berjumlah 191 pemilih, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 1.512 pemilih, dengan rincian laki-laki berjumlah 765 pemilih dan perempuan berjumlah 747 pemilih, dan jumlah pemilih yang melakukan perbaikan data sebanyak 214 pemilih dengan rincian laki-laki berjumlah 104 pemilih dan perempuan berjumlah 110 pemilih yang tersebar di 35 TPS sesuai dengan rincian sebagaimana terlampir dalam Berita Acara.

Setelah DPHP dibacakan, ditetapkan kemudian dilanjutkan penyerahan hard copy berita acara dan lampiran Rekap DPHP kepada PKD dan PPK Siliragung.

Sementara itu Kepala Desa Barurejo saat memberikan sambutan menyampaikan, bahwa pihaknya sangat menekankan kepada jajaran panitia pemilu desa Barurejo untuk tetap menjaga pola kesehatan serta patuhi protokol Covid 19.

“Karena maraknya Covid 19 yang saat ini sangat banyak di wilayah Banyuwangi, maka saya tekankan bagi jajaran PPS dan yang meliputi untuk tetap patuhi protokol kesehatan, karena saat ini di Banyuwangi menjadi sorotan publik terutama di Kecamatan sebelah,” kata Kades Barurejo Ahmad Zaenuri.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *