Duta Maritim Indonesia Kampanyekan Kawasan Tanpa Rokok

BINTANG TENGGARA – Pada 13 Agustus 2023, puluhan Duta Maritim Indonesia beramai-ramai melakukan sosialisasi KTR ( Kawasan Tanpa Rokok) saat kegiatan Car free day yang dilakukan di Monas, Jakarta.

Salah satu Duta Maritim asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yaitu Nurillah Putri mengatakan, “Hal ini bertujuan untuk menyuarakan hak-hak masyarakat kepulauan serta menekankan tingginya angka stunting yang terjadi di Indonesia dan berdasarkan fakta dan data yang ada.

Angka stunting tertinggi terjadi pada daerah kepulauan, oleh sebab itu kita sebagai duta maritim Indonesia harus bisa menyuarakan dan membawa dampak perubahan sekecil apapun itu”.

Kawasan Tanpa Rokok sendiri, merupakan regulasi baru yang harus diterapkan pada semua daerah yang ada di Indonesia terutama pada kawasan wisata bahari.

Pada aksi tersebut banyak masyarakat yang sedang melakukan aktivitas seperti olahraga memberingkan dukungannya dengan menandatangani miniatur rokok yang memiliki panjang kurang lebih 40 meter.

Gadis asal kabupaten Banyuwangi ini menyampaikan harapan dari aksi yang ia lakukan bersama dengan ASPEKSINDO.

“Harapannya, akan tercipta lingkungan bebas asap rokok sehingga masyarakat bisa menghirup udara yang bersih, untuk mewujudkan generasi muda sehat, dan bisa mengurangi dampak negatif merokok baik bagi perokok aktif ataupun pasif.”

KTR ( Kawasan Tanpa Rokok) pun dibentuk juga atas dasar landasan UU kesehatan no 36 tahun 2009, pasal 113-116. Nuril mengatakan “sangat mendukung wisata bahari bebas asap rokok. Pun begitu apabila memang diperlukan smoking area khusus untuk perokok, pemerintah juga perlu meningkatkan exhaust fan dan penghijauan untuk meyerap polusi. Perihal smoking area pun masih jadi polemik berjalannya Kawasan Tanpa Rokok. Namun sejauh ini saya sangat mendukung gerakan KTR dan kebijakan wisata bahari bebas asap rokok”.***

About Okki Nila

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *