Cegah Kebakaran Hutan, Balai Taman Nasional Alas Purwo Gali Sekat Bakar Sepanjang 20 Kilometer

BINTANG TENGGARA – BTNAP (Balai Taman Nasional Alas Purwo) melakukan penggalian sekat bakar sepanjang 20 kilometer dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Seksi Pengelola I Balai Taman Nasional Alas Purwo Novi Utami, menjelaskan Taman Nasional Alas Purwo menjadi salah satu lokasi potensial karhutla. Dalam upaya pencegahan karhutla, BTNAP melakukan beberapa upaya pencegahan.

Novi menyebutkan ada tiga upaya yang dilakukan pihaknya untuk mencegah karhutla. Pertama yaitu dengan penggalian sekat bakar sepanjang 20 kilometer.

Sekat Bakar adalah jalur yang memisahkan areal dalam hamparan bahan bakaran untuk mencegah dan/atau mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran yang lebih luas.

Kedua, pihak BTNAP juga tengah melakukan pengadaan dan perbaikan peralatan pemadam kebakaran.

Ketiga, untuk mengetahui titik-titik potensial kebakaran serta identifikasi cepat, petugas juga melakukan patroli setiap hari dengan wilayah cakup kurang lebih 44.000 Ha.

Dari catatan BTNAP, Novi menyebut sepanjang tahun 2020-2022 tidak ada kebakaran di wilayah kerjanya . Sedangkan di tahun 2023 pernah terjadi beberapa kali kebakaran kecil.

Untuk para pengunjung wisata atau rohan di Taman Nasional Alas Purwo, Novi berharap agar selalu bijak ketika memasuki kawasan, terutama saat ini dalam penggunaan api. Terlebih dalam sikap kepada tumbuhan, hewan serta lingkungan.***

About Galang Sanubari

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *