Syukuri Hasil Melaut, Ritual Petik Laut Digelar oleh Nelayan Pancer Banyuwangi

BINTANG TENGGARA – Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar festival petik laut di akhir bulan September 2023 ini, salah satunya adalah Petik Laut Pancer. Petik laut pancer merupakan Tradisi ritual laut yang rutin digelar tiap tahun ini menjadi simbol wujud syukur warga atas rezeki yang berlimpah dan keselamatan.

Sekedar informasi, Pancer merupakan wilayah pesisir selatan Banyuwangi, jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Sebagian penduduknya mengandalkan hidup dari laut sebagai nelayan sehingga kegiatan Petik Laut Pancer jadi ritual tahunan yang dilaksanakan.

Ambar Mei Jurnalis Radio Bintang Tenggara yang ada di lokasi menyampaikan jika kegiatan petik laut siang ini berlangsung dengan khidmat dan antusias masyarakat yang datang cukup tinggi. Acara tersebut digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pancer, Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran .

Ritual Petik Laut Pancer dilakukan dengan melarung sesaji yang berupa perahu kecil berisi berbagai macam hasil bumi. Perahu kecil tersebut dibawa ke perahu besar dengan diiringi sholawat oleh Warga. Puluhan perahu nelayan mengiringi proses pelepasan sesaji tersebut ke tengah laut.

Ada serangkaian acara yang biasanya digelar dalam ritual ini. Dari bersih dusun, doa bersama, khataman, pementasan wayang kulit dan hiburan rakyat, hingga melarung sesaji. Sebelum melarung sesaji, ada prosesi menyematkan anting-anting dan pancing emas di kepala kambing yang sudah disembelih.

Proses tersebut sudah secara turun-temurun dilakukan oleh masyarakat nelayan pancer karena memiliki mata pencarian sebagai nelayan sepanjang hidupnya. Sehingga acara petik laut ini merupakan ritual dalam mensyukuri rezeki dan sekaligus mohon doa diberi keselamatan saat melaut.***

About Rima Indah

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *