Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember- Lumajang, Lutfi Isa Anshori (Foto:Supianik/RBT)

Sejumlah Siswa SMP di Puger, Jember, Terancam Tidak Bisa Melanjutkan Pendidikan

Radiobintangtenggara.com, Jember – Sejumlah siswa SMP di Kecamatan Puger, Jember terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Hal ini dikarenakan mereka tidak bisa mendaftar di SMA Negeri karena terkendala zonasi.

Salah satu wali murid dari Desa Wringintelu, Kecamatan Puger, Ayuda menerangkan, putranya tidak bisa mendaftar di sekolah negeri. Karena saat dilakukan pengecekan melalui aplikasi jarak,  rumah tinggalnya dengan SMA negeri terdekat adalah 5,6 kilometer dan SMA Negeri lainnya berjarak sekitar 6,7 kilometer.

Sedangkan, sesuai dengan ketentuan,  SMA tersebut hanya bisa menerima siswa yang jaraknya dibawah 4 kilometer. Ia menambahkan, dengan adanya aturan ini sebagian besar siswa di wilayanya tidak bisa bersekolah di SMA negeri.

Menanggapi hal ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember- Lumajang, Lutfi Isa Anshori mengatakan, laporan terkait hal tersebut sudah banyak yang masuk tetapi belum bisa tertangani secara menyeluruh.

Ia menjelaskan, sebagai solusi pihaknya menyarankan siswa melakukan pendaftaran offline dengan jalur prestasi dan jalur tidak mampu.

Sehingga anak tersebut tetap bisa mendaftar di sekolah yang diinginkan meskipun berada diluar zonasi. Pagu yang disediakan untuk jalur prestasi dan tidak mampu ini sebanyak 5 persen.

Lutfi menerangkan, siswa yang tidak bisa mendaftar kesekolah negeri masih bisa mendftar ke sekolah swasta yang berada disekitar tempat tinggalnya.

Ia menambahkan, persoalan ini akan menjadi bahan evaluasi dan dilaporkan ke pusat karena kondisi persoalan setiap wilayah juga berbeda-beda. (*)

Supianik

About admin

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *