Banyuwangi – Ratusan layang-layang berbagai bentuk dan ukuran pada Sabtu siang (6/8) mewarnai langit Pantai Boom Banyuwangi. Suasana pantai menjadi semarak saat orangtua, remaja hingga anak anak dengan antusias, mencoba meninggikan layang layang yang mereka pegang. Tidak ingin ketinggalan, Bupati Azwar Anas juga ikut menerbangkan layang layang berbentuk penyu sebagai tanda dimulainya Kite Festival Banyuwangi 2016.

Festival layang layang yang diikuti 238 peserta ini merupakan agenda rutin rangkaian  Banyuwangi festival. Festival yang melombakan beberapa nomor seperti layang-layang hias, bandetan dan suwangan ini diselenggarakan untuk mewadahi para penghobi permainan khas masyarakat Banyuwangi yang biasanya dilakukan pada musim kemarau ini.

Permainan layang-layang di festival ini pun berlangsung seru. Dengan tema “Segoro Banyuwangi”, layang – layang yang beterbangan di langit pun didominasi aneka bentuk ikan, penyu dan kapal layar. Keseruan juga bertambah dengan adanya lomba bandetan. Dimana layang-layang saling beradu kekuatan siapa yang mampu bertahan dari gesekan benang lawan.

Wisatawan dari Jerman diberikan kesempatan untuk menaikan layang-layang
Wisatawan dari Jerman diberikan kesempatan untuk menaikan layang-layang

“Permainan ini bukan sekedar aktifitas bersenang – senang saja, ada filosofi didalamnya. Saat bermain layang-layang kita melakukan tarik ulur benang untuk menjaga layang – layang terbang dengan baik seperti yang kita temukan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain layangan hias dan bandetan, di festival ini juga ada lomba layang suwangan. Yakni lomba layang-layang yang akan berlangsung di malam hari. Keunikannya, layangan dilengkapi lampu-lampu kecil, sehingga bila terbang malam hari akan menyala di angkasa dan mengeluarkan suara dengung yang khas.

Salah satu peserta yang nampak antusias mengikuti festival layang-layang ini adalah Joni (50). Pria asal Sidoarjo ini rela datang  jauh-jauh dan membawa layang-layangnya yang besar untuk memeriahkan even ini. Joni menerbangkan layang – layangnya yang panjangnya sampai 160 meter.

Festival Layang-layang ini sendiri telah berlangsung sejak kemarin, Jumat (5/8) dan akan berakhir besok Minggu (7/8).  Selain lomba layang-layang, festival ini juga dimeriahkan dengan puluhan stand yang menjual  aneka produk unggulan UMKM Banyuwangi.

Rizki Restiawan

LEAVE A REPLY