Mengenakan Baju Putih, Direktur Utama PT Indah Karya Persero, Nel Adianto saat peresmian pabrik baru Bondowoso Indah Plywood. Sabtu, (29/07). (Foto. M Ansori)

Kehadiran Bondowoso Indah Plywood Berikan Dampak Peningkatan Ekonomi dan PAD Bondowoso

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Hadirnya perusahaan BUMN di Bondowoso tampaknya menjadi angin segar bagi kabupaten itu. Bagaimana tidak, dengan kapasitas produksi mencapai ribuan kubik kayu olahan, Bondowoso Indah Plywood tampaknya akan memiliki prospek cerah.

Direktur Utama PT Indah Karya Persero, Nel Adianto, mengatakan, pihaknya menjamin seratus persen pekerja diambil dari Bondowoso dan tidak akan menerima dari luar kota. Hal itu dalam rangka pembangunan ekonomi masyarakat Bondowoso.

“Namun untuk tenaga kerja ahli akan berasal dari PT Indah Karya sendiri,” katanya saat ditemui radiobintangtenggara.com. Sabtu (29/07).

Baca Juga. Perusahaan Bondowoso Indah Plywood Resmi Dibuka

Ia menambahkan, pihaknya berharap kehadiran Bondowoso Indah Plywood dapat memberikan dampak dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Serta dapat menjadi stimulus investasi lain yang masuk ke Bondowoso.

Menurut Nel Adianto, hingga kini ada sekitar 250 orang asal Bondowoso yang direkut untuk bekerja di Bondowoso Indah Plywood, yang nantinya juga akan memproduksi panel pintu dan jendela.

“Seluruh pekerja ini lolos seleksi dan merupakan warga asli Bondowoso,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan aktivitas produksi triplek itu nantinya juga diharapkan mengangkat iklim investasi sehingga banyak investor yang mulai melirik kabupaten Bondowoso.

Selain itu, terkait ekspor ke Singapura, pihak negeri singa tersebut mengaku siap menampung berapapun kiriman dari Bondowoso Indah Plywood, meski perlahan namun pasti semuanya  akan penuhi. Mengingat hasil produksi itu akan dibagi 70  persen akan diekspor dan 30 persen dijual pasar lokal.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *