Bupati Anas Bersama Kades Seluruh Kab Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Anas Semangati Kades Pengembangan Ekonomi Rakyat

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas terus memotivasi kepala desa untuk terus berinovasi. Anas menargetkan setiap kades harus bisa berinovasi menciptakan satu program pengembangan ekonomi rakyat, peningkatan pelayanan publik, dan membuat peraturan desa tentang tata ruang.
Anas mencontohkan program pengembangan ekonomi rakyat seperti desa wisata. Namun, Anas menggarisbawahi, desa wisata yang dimaksud adalah deaa wisata yang bisa mengangkat potensi lokalnya. Potensi tersebut lalu dikemas menjadi sebuah atraksi yang menarik bagi wisatawan.
“Bukan sekadar desa wisata artifisial, bukan desa wisata yang bersolek dari cat fisiknya saja. Namun desa yang bisa “mengecat” kehidupan dan kekayaan lokalnya untuk bisa dinikmati wisatawan,” jelas Anas di hadapan 52 kepala desa saat Bimtek Peningkatan Kapasitas di Banyuwangi, Senin (16/4).

BACA JUGA : BPOM Jadikan Banyuwangi Pilot Project Kolaborasi Pelayanan Publik
Desa wisata tersebut, kata Anas, minimal harus bisa mengintegrasikan sektor pertanian, kekhasan kulinernya dan hunian setempat yang berkonsep homestay.
“Tumbuhkan juga pasar rakyat yang khas untuk melengkapinya. Seperti di Desa Kemiren yang sudah jalan dengan pasar kuliner tradisionalnya setiap minggu. Kalau ini jalan, saya yakin bisa mendorong ekonomi desa,” kata Anas.
“Itu hanya salah satu contoh pengembangan ekonomi rakyat. Tentu selain desa wisata ada banyak program lainnya sesuai karakter masing-masing desa,” imbuh Anas.
Anas juga meminta kades membuat Peraturan Desa (perdes) tentang Tata Ruang.
“Ini untuk menjaga pengembangan desa agar tidak salah arah ke depan. Desa harus mengatur bangunan yang di sempadan jalan, termasuk juga alih fungsi lahan harus diatur. Ini semua untuk menjaga kemajuan desa ke depan agar desa tetap hijau,” kata Anas.
Untuk itu, Anas meminta agar kepala desa terus memperkaya referensi untuk menumbuhkan inovasi. “Saya tahu setiap inovasi ada resiko, tapi itu adalah bagian dari tanggung jawab kita untuk memberikan kemanfaatan. Masyarakat butuh kades yang tidak text book, tapi kades yang cepat dan bisa ambil inovasi,” pungkas Anas.

WIDHI NURMAHMUDY

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *