Kondisi Rumah Muhlas alias Suartik (50), di Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru Jember pasca ledakan petasan. (Foto. Supianik)

Buat Petasan, Warga Sumberbaru Meninggal Dunia

Radiobintangtenggara.com, JEMBER Kapolsek Sumberbaru, Jember,  AKP Subagio mengimbau kepada masyarakat tidak memakai petasan dalam perayaan kegiatan keagamaan maupun hajatan. Sebab pemakaian petasan itu membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Imbauan ini disampaikan Subagio ketika diwawancarai wartawan paska meledaknya petasan di dapur rumah Muhlas alias Pak Suartik (50), di Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru. Akibat ledakan itu, Suartik tewas dengan kondisi tubuh mengenaskan.

Peristiwa itu terjadi di dapur rumah Suartik, Selasa (11/12) malam. Warga setempat mengenal Suartik kerap membuat petasan dan mercon bantingan alias bondet.

Saat petasan yang dibuatnya meledak, Suartik rupanya tengah mengerjakan pesanan tetangganya yang sedang menggelar hajatan. Ketika petasan itu meledak, Suartik juga seorang diri. Istri dan anaknya sedang membantu di rumah tetangganya yang menggelar  hajatan tersebut.

Tetangga yang punya hajat itu pula yang memesan petasan ke dirinya. Pihaknya melakukan oleh tempat kejadian perkara, selama empat malam berturut-turut, Suartik mengerjakan petasan itu. Menurut Subagio, selama tiga malam berturut-turut pukul 19.00 WIB, terdengar bunyi letusan dari dapur rumah Suartik.

“Semuanya terjadi pukul 19.00 Wib, selepas adzan Isya’. Semalam itu yang terbesar suara ledakannya, bahkan sampai menewaskan orang yang membuat petasan dan merusak rumah,” kata Subagio ketika dikonfirmasi, Rabu (12/12).

Subagio menuturkan, korban alias Suartik sedang merakit petasan malam itu. Petasan yang dirakitnya, antara lain pesanan yang tetangga. Pihaknya menghimbau masyarakat Sumberbaru tidak memakai petasan untuk merayakan hari besar keagamaan maupun hajatan.

“Saat kami olah TKP, kami menemukan petasan yang sudah jadi, juga ada satu bondet kecil. Kami amankan semua,” ujarnya.

Supinik

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *