Beranda News Jember Ribuan KK Warga Kecamatan Wuluhan Jadi Langganan Banjir Setiap Musim Hujan

Ribuan KK Warga Kecamatan Wuluhan Jadi Langganan Banjir Setiap Musim Hujan

24
0
Warga Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan yang jadi langganan banjir setiap musim penghujan. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Hujan yang mengguyur wilayah Jember dan sekitarnya pada Sabtu malam, 22 Desember 2018 menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah daerah, salah satunya di Dusun Sumberejo, Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan.

Banjir yang melanda kawasan ini mengakibatkan sebanyak 1.425 kepala keluarga terdampak. Mayoritas merupakan warga Dusun Sumberejo, Desa Glundengan.

Camat Wuluhan, Akbar Winasis menjelaskan, banjir yang terjadi ini adalah banjir langganan. Karena setiap tahun di musim penghujan bisa dipastikan terjadi banjir di daerah tersebut.

Banjir di kawasan ini terjadi akibat meluapnya dua buah sungai yakni sungai Mayang dan Nogosari. “Aliran kedua sungai ini bertemu di Desa Glundengan sehingga mengakibatkan banjir di wilayah Dusun Sumberejo,” katanya.

Menurut Akbar, hujan yang turun selama lima jam bisa menjadi sumber banjir di Dusun Sumberejo. Kalau volume air terus meningkat, dikhawatirkan akan berdampak pada desa-desa lain disekitar, seperti di Dusun Kepel dan Dusun Sebanen, Desa Lojejer.

Pihaknya berharap Sungai Bedadung di Desa Lojejer masih mampu menampung turunnya hujan sehingga tidak berdampak pada rumah-rumah warga sekitar. Oleh karena itu, pihaknya saat ini mengoptimalkan posko siaga yang didirikan di Balai Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan.

“Posko ini sebagai tempat koordinasi dan memobilisasi penanganan apabila sewaktu-waktu banjir terjadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Akbar menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga mengambil air di sumur bor milik warga yang bertempat di dekat balai desa Glundengan.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here