Beranda Lifestyle Travel Tips Menabung Untuk Beli Tiket Pesawat Liburan

Tips Menabung Untuk Beli Tiket Pesawat Liburan

25
0
Foto : Istimewa

Perjalanan ke negeri tetangga merupakan rencana yang cukup menyenangkan untuk dilakukan saat liburan. Tidak hanya bisa merasakan kebudayaan serumpun, kamu bisa lebih mudah berinteraksi dan pastinya lebih cocok dengan daya tarik kuliner di negara yang dikunjungi.

Meski demikian, kamu pasti bisa mendapatkan cita rasa khas yang tidak kamu dapatkan di Indonesia. Nah, biaya liburan di Asia Tenggara juga relatif lebih murah, untuk destinasi wisata seperti Penang, Malaysia, Kuala Lumpur, dan Phuket, kamu bisa beli tiket pesawat firefly dan mulai menabung dengan tips berikut ini.

1. Buat tracking pengeluaran pribadi

Boro-boro mau mulai buat tabungan untuk liburan, pengeluaran bulanan saja sering hilang entah ke mana. Nah, kalau hal ini juga terjadi pada kamu, cobalah untuk membuat pendataan pengeluaran bulanan. Jangan sampai kamu benar-benar tidak menikmati hasil kerja kerasmu untuk sekedar melakukan perjalanan singkat ke negara tetangga.

Pastikan kamu mengetahui ke mana larinya uang yang kamu dapatkan setiap bulan. Masa sih, tidak bisa ditabung sama sekali? Kalau memang habis begitu saja, mungkin ada yang salah dari pengelolaan pengeluaran. Kamu bisa melihat pengeluaran terbesar apa yang menyebabkan kamu sulit menabung. Jadi, bisa lebih bijak saat ingin menyimpan sebagian pengeluaran untuk liburan deh.

2. Cari promo perjalanan murah

Liburan ke luar negeri bisa hemat, kok. Kamu hanya perlu lebih teliti saja untuk mencari tiket pesawat dan akomodasi yang terjangkau dan sesuai bujet. Nah, kalau beli tiket pesawat lewat online travel agent seperti Traveloka, kamu bisa mendapatkan promo paket perjalanan yang lebih mudah dengan beli paket pesawat dan hotel sekaligus.

Mencari kesempatan promo seperti ini harus rajin-rajin kamu lakukan. Belum lagi kalau ada campaign liburan atau promo kerja sama perbankan, kamu bisa dapat lebih banyak potongan harga loh. Makanya, kamu tidak perlu khawatir kalau punya bujet pas-pasan, asal ada keinginan, pasti ada jalan.

3. Jual beberapa barang yang tidak terpakai

Pengeluaran kamu sudah tidak bisa ditekan lagi untuk menambang jumlah tabungan? Coba mulai bersihkan isi lemari dan cari barang-barang yang sudah jarang kamu pakai. Mungkin kualitas barang-barangmu masih sangat bagus, tapi kamu sudah tidak pernah memakainya lagi untuk alasan tertentu. Kalau kata Marie Kondo, sudah tidak ‘sparks joy’ lagi. Nah, coba saja untuk menjualnya lewat garage sale. Ketimbang menumpuk tidak berguna, lebih baik dijual meski dengan harga yang murah. Lumayan ‘kan, buat menambah tabungan?

4. Lakukan pekerjaan sampingan

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk menambah jumlah tabungan liburan ke luar negeri adalah mengambil pekerjaan sampingan. Sekarang sudah banyak sekali platform online yang memungkinkan kamu untuk bisa melakukan banyak kegiatan sampingan dengan jumlah tambahan pemasukan yang lumayan.

Hanya dengan bermodalkan akun online, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai kesempatan untuk memilih kegiatan sampingan. Namun, pastikan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu ya, nanti malah kena tegur atasan dan tidak dapat jatah cuti liburan.

5. Kurangi pengeluaran mingguan

Akhir pekan sering jadi kesempatan yang cukup krusial saat kamu mengeluarkan lebih banyak bujet untuk hiburan. Masalahnya, hiburan ini terkadang kamu buat sendiri konsepnya, mulai dari delivery makanan karena tidak keluar rumah atau nonton film bioskop yang sebenarnya tidak terlalu seru ceritanya. Nah, demi liburan ke luar negeri, cobalah untuk memasak di rumah atau streaming film saja di akhir pekan. Lebih hemat dan bisa banyak menabung sebagai tambahan bujet liburan deh.

Kalau sudah melakukan tips tadi, mulai saja dengan pesan tiket pesawat dulu. Namun, pilih waktu keberangkatan yang masih agak lama. Jadi, kamu bisa tenang menyiapkan bujet untuk liburannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here