Kondisi Gunung Raung dari Pantauan CCTV PVMBG. (Foto. Istimewa)

Tetap Berstatus Waspada, PGA Raung Terus Pantau Aktivitas Vulkanologi

Radiobintangtenggara.com, SONGGON – Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung, di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon terus malakukan pemantauan aktivitas vulkanologi di Gunung Tersebut. Mukijo, Kepala Pos  PGA Raung melaporkan perkembangan Gunung Raung periode pengamatan 18 Juli 2020 pukul 12:00 sampai 18:00 WIB

Berdasarkan data cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah selatan. Suhu udara 22-30 °C.  Sementara Visual Gunung kabut. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100-200 m di atas puncak kawah.  “Serta teramati 38 kali letusan dengan tinggi 100-200 m dan warna asap kelabu,” katanya.

Mukijo menambahkan terkait kegempaan letusan berjumlah 38 dengan Amplitudo 3-21 mm serta durasi  42-204 detik. Sedangkan Tremor Non-Harmonik berjumlah 47,  dengan Amplitudo 1-6 mm sera durasi 31-338 detik. Hingga saat ini tingkat aktivitas Gunung Raung masih berada di Lavel II atau Waspada.

Pihak Pos PGA merekomendasikan agar masyarakat, pengunjung atau wisatawan dilarang  turun mendekati kawah yang ada di puncak. Tidak hanya itu, pendakian di sekitar dibibir kaldera kawah Gunung Raung juga ditutup.

“Kami meminta semua tidak mendekati dalam radius 2 kilometer dari pusat kawah karena gas-gas vulkanik yang keluar dari kawah berbahaya bagi kehidupan manusia,” ujarnya.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *