Kegiatan Sholat Idul Fitri saat Pandemi lalu. (Foto. Kompas.com)

PCNU Ingatkan Soal Tata Cara Idul Adha di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Hari raya Idul Adha akan tiba beberapa hari, beberapa persiapan terus dilakukan oleh umat muslim. KH Syaifudin Zuhri, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi mengingatkan pentingnya memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 saat  pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Menurut Syaifudin untuk kawasan Banyuwangi pelaksanaan itu dapat dilaksanakan di masjid ataupun tanah lapang. Meskipun demikian, Ia menekankan agar jamaah tetap harus mengenakan masker, jaga jarak dan tindakan lainnya.

“Intinya jamaah perlu sesuai dengan protokol kesehatan demi menghindarkan diri dari penularan Covid-19,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Rabu, (29/07).

Selain itu, lanjut Syaifudin, warga diharapkan juga membawa alas sholat sendiri berupa sajadah dan sejenisnya. Sementara itu terkait takbir keliling, pihaknya menghimbau  agar tetap diadakan di masing-masing masjid saja agar lebih.

Terkait proses penyembelihan hewan kurban, sesuai dengan ketentuan, penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan hanya panitia dan pihak yang berkurban saja boleh hadir. “Masyarakat umum diminta untuk tidak menonton prosesi penyembelihan untuk mengurangi kerumunan di lokasi,” ujarnya.

Syaifudin menambahkan pemotongan hewan kurban harus dilakukan di area yang luas. Sehingga dapat mempermudah penyelenggara untuk mengatur jarak fisik. Setelah selesai pun dianjurkan daging kurban diantarkan kerumah warga yang berhak agar mengurangi kerumunan.

Fareh Hariyanto

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *