Banyuwangi

PT KAI Daop 9 Jember Operasikan KA Pandanwangi

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 9 Jember, telah mengoperasikan kembali Kereta Api Lokal Pandanwangi. Pengoperasian kereta api lokal itu dimulai hari Minggu, 9 Agustus 2020. Kereta Api Pandanwangi yang mempunyai relasi perjalanan Jember-Banyuwangi pulang pergi (PP).

Mahendro Trang Bawono, Manager PT KAI Daerah Operasional 9 Jember mengatakan calon penumpang kereta tak perlu menggunakan dokumen kesehatan atau keterangan rapid test Covid-19. “Sebab KA Pandanwangi itu merupakan KA lokal, maka tidak diperlukan dokumen kesehatan sebagai persyaratan melakukan perjalanan,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Minggu, (09/08).

Meski begitu, lanjut Mahendro, PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, calon penumpang yang memiliki suhu lebih 37,3 derajat celcius tak diizinkan berangkat. Penumpang juga diwajibkan memakai masker dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang.

Ia menekankan bahwa kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen yang diterapkan. Ada empat KA Pandanwangi yang beroperasi setiap hari melayani masyarakat. “Hal ini seiring dengan animo warga yang tinggi agar KA lokal ini beroperasi kembali,” ujarnya.

Dengan beroperasinya kembali KA pandanwangi, maka pada bulan Agustus ini, Daop 9 mengoperasikan lima KA dengan 12 perjalanan KA setiap hari. Untuk perjalanan jarak jauh, masyarakat tetap diminta membawa dokumen kesehatan, seperti keterangan rapid test.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top