BMKG Banyuwangi

BMKG Banyuwangi Himbau Potensi Cuaca Ekstrim Saat Pancaroba

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini Kabupaten Banyuwangi mau memasuki musim pancaroba atau masa peralihan musim kemarau ke musim hujan pada awal Oktober 2020.

Anjar Triono HAdi, prakirawan Stasiun BMKG Kelas III Banyuwangi menghimbau agar warga Banyuwangi mewaspadai adanya cuaca ekstrem pada masa transisi ini.

Pasalnya, pada musim pancaroba berpotensi terjadinya hujan lebat bahkan sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Ciri-cirinya ialah cuaca di pagi hari cerah namun menjelang siang hari dan sore hari muncul awan cumulus yang membesar dan berubah warna menjadi abu-abu.

Hal itu yang perlu diwaspadai pada musim pancaroba. Karena bisa terjadi angin kencang, hujan lebat secara singkat, dan petir. Ia menyarankan, apabila terjadi angin kencang atau petir saat di jalan jangan sampai berteduh di bawah pepohonan. Karena khawatir adanya pohon tumbang.

Berdasarkan data BMKG, musim penghujan di Banyuwangi akan terjadi pada Oktober 2020 hingga awal tahun 2021 yakni pada bulan Januari dan Februari.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *