Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Bandara Banyuwangi Naik

BINTANG TENGGARA – Bandara Internasional Banyuwangi bersiap menyambut musim mudik lebaran tahun ini. Jumlah penumpang diprediksi naik dibanding hari biasa.

“Arus mudik sudah mulai terasa dari hari Jumat pekan lalu. Load factor sudah mencapai di atas 90 persen. Hari ini, Senin, penumpang pesawat juga mulai penuh,” kata GM Operasional, Service, dan Maintenance PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Banyuwangi Indrawansyah, Senin (17/4/2023).

Indrawansyah menjelaskan bahwa penerbangan menuju Banyuwangi yang dioperasikan oleh masakapai Batik Air dan Citilink pada tanggal 18 – 20 April 2023 sudah penuh terisi penumpang.

“Data yang kami terima, sudah full booked semua untuk awal libur lebaran. Bahkan kami tengarai, pemudik yang tidak mendapatkan tiket mereka terbang dulu ke Surabaya, lalu melanjutkan dengan kereta ke Banyuwangi,” kata Indrawansyah.

Untuk musim mudik lebaran ini, Bandara Banyuwangi mulai mempersiapkan berbagai sarana-prasarana untuk mendukung kelancaran musim mudik.

Seluruh area baik sisi darat maupun udara dicek. Di area darat, pengecekan telah dilakukan di area check in, boarding, dan pemeriksaan x-ray.

Sementara pengecekan area udara meliputi pengecekan approach part indicator, apron, dan runway. “Termasuk pengecekan berkala yang meliputi banyak hal,” tambahnya.

Tak ada perubahan rute maupun jumlah penerbangan di Bandara Banyuwangi pada musim mudik lebaran tahun ini.

Penerbangan di bandara tersebut dilayani oleh dua maskapai, yakni Batik Air dan Citilink. Rute tujuannya adalah Banyuwangi-Jakarta PP. Jam operasional bandara antara pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB.

“Tidak ada penerbangan malam. Tapi apabila ada sesuatu yang mengharuskan ada penerbangan malam pun, kami siap,” tambahnya.***

About Willy Latuheru

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *