Banyuwangi Siagakan 19 Pos Layanan Kesehatan dan Puskesmas Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

BINTANG TENGGARA – Selama libur lebaran tahun ini, Kabupaten Banyuwangi menyiapkan 19 pos layanan kesehatan (posyankes) di sepanjang jalur mudik hingga tempat-tempat pariwisata.

Beberapa puskesmas juga tetap membuka layanan kesehatan selama 24 jam.

“Ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik maupun wisatawan selama libur lebaran,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (18/4/2023).

“Kami imbau kepada para pemudik tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan.  Kalau lelah harap beristirahat, hati-hati selama mudik Lebaran,” tambah Ipuk.

Ipuk menyebut, total ada 28 puskesmas dan 19 pos kesehatan yang disiagakan selama libur lebaran. Layanan akan buka setiap hari mulai 18 April-2 Mei 2023.

Untuk memastikan pelayanan ini berjalan lancar, Wakil Bupati Sugirah meninjau sejumlah pos kesehatan dan pos pengamanan. Mulai dari Pos Pengamanan di Ketapang, pos pelayanan kesehatan di Pantai Grand Watu Dodol, hingga di pos pengamanan di Kecamatan Wongsorejo. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat menambahkan, dari 19 pos kesehatan 9 pos  bergabung dengan Pos Pengamanan Mudik (pospam) kepolisian.

Lokasi tersebut berada di sepanjang jalur jalan nasional mulai dari Wongsorejo, Ketapang, Kota Banyuwangi, Rogojampi, Cluring, Terminal Jajag, Genteng dan Kalibaru. Layanan ini akan beroperasi selama 24 jam per hari.

“Semua layanan kesehatan ini dilengkapi dengan tenaga dokter, paramedis, dan ambulans. Tenaga medisnya diisi oleh dokter dan perawat dari semua rumah sakit dan klinik yang ada di Banyuwangi. Kami atur jadwalnya jadi tiga shift sehingga bisa terus siaga selama 24 jam. Layanan di Pos kesehatan ini tidak dipungut biaya,” ujar Amir.

Pos kesehatan ini, lanjut Amir, disiagakan untuk penanganan kegawatdaruratan dan pelayanan kesehatan sederhana. “Jadi pos kesehatan ini bisa dimanfaatkan untuk penanganan kesehatan ringan seperti mabuk perjalanan, diare juga stabilisasi pasien kegawatdaruratan sebelum dibawa ke rumah sakit,” terang Amir.

Untuk 10 pos kesehatan lainnya, kata Amir, akan disiagakan di tempat-tempat wisata. Di antaranya, di destinasi Watudodol, Songgon, Alas Purwo, Pulau Merah, Glenmore, Kalisetail, Purwoharjo, Glagah, Stasiun Ketapang, dan Bandara Banyuwangi.

“Pos kesehatan ini akan buka sesuai jam operasional destinasi. Yakni mulai pukul 08.00-16.00,” urai Amir.

Selain pos kesehatan, pemkab juga menyiagakan 28 puskesmas untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat selama libur lebaran. Ada 18 puskesmas rawat inap yang akan buka selama 24 jam. Dan 10 puskesmas rawat jalan siaga yang buka pukul 08.00-13.00.

“Pada prinsipnya di setiap kecamatan ada satu puskesmas yang meng-cover, sehingga jika ada kejadian bisa ditangani terlebih dahulu di puskesmas untuk menghindari penumpukan di UGD rumah sakit,” kata Amir.***

About Okki Nila

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *