25 Hektar Hutan di Buleleng Terbakar, Pemadaman Dilakukan secara Manual

BINTANG TENGGARA – Kebakaran hutan terjadi di Banjar Dinas Pala Sari, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, kebakaran itu terjadi pada Selasa (11/7/2023) sore sekitar pukul 17.00 WITA.

“Pada pukul 19.35 WITA, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Buleleng menerima informasi bahwa ada kejadian kebakaran hutan di Desa Pemuteran,” ujarnya¬†di Buleleng, Rabu (12/7/2023)/

Pukul 19.45 WITA, petugas BPBD dan petugas Damkar, Polisi dan TNI ke lokasi untuk menangani kebakaran. Pemadaman sempat terkendala lokasi kebakaran yang berada di ketinggian dan kontur wilayah perbukitan yang terjal. Petugas pun memadamkan api secara manual.

“Proses pemadaman dilakukan secara manual dengan memukul titik api menggunakan ranting serta membuat sekat,” ujarnya.

Penanganan kebakaran memakan waktu sekitar 7 jam. Api berhasil dipadamkan pada Rabu (12/7/2023) dini hari sekitar pukul 02.52 WITA.

Lokasi kebakaran berdempetan dengan Pura Bukit Watu Kursi. Ia memastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka serta nihil laporan kerusakan. Adapun yang terbakar adalah pepohonan, daun kering, semak, dan rumput.

Kebakaran hutan diperkirakan seluas 25 hektar. “Kami melakukan pemantauan dan penanganan kobaran api agar tidak meluas mengenai Pura Bukit Watu Kursi,” imbuh dia.***

About Willy Latuheru

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *