Launching TPS3R Desa Balak Kecamatan Songgon, Pemerintah Norwegia Apresiasi Komitmen Banyuwangi dalam Penanganan Sampah

BINTANG TENGGARA – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus melakukan berbagai langkah untuk menangani masalah sampah. Baru-baru ini, pada Sabtu (16/9) Bertepatan dengan Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bersama Pemkab Banyuwangi, melaunching Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Reduce Reuse dan Recycle (TPS 3R) di Desa Balak, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

TPS Balak yang baru diresmikan ini akan mengolah sampah dari layanan pengangkutan sampah di rumah tangga yang berada di sekitar wilayah TPS, termasuk bahan-bahan yang akan didaur ulang, dengan kapasitas harian yang mampu memproses hingga 84 ton sampah per hari dan kapasitas pelayanan kepada sekitar 250.000 penduduk, atau 55.491 rumah.

Kedepannya, operasional TPS Balak diharapkan mampu mempekerjakan sekitar 200 orang karyawan dalam skala penuh.TPS dibangun seluas 1,5 hektare yang nantinya akan menjangkau 33 desa di 6 kecamatan yaitu, Songgon, Rogojampi, Kabat, Sempu, Genteng, dan Singojuruh.

Kegiatan peresmian TPS 3R Balak dihadiri oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Deputi Bidang Koordinasi PengelolaanLingkungan dan Kehutanan Kemenko Marvest, Nani Hendiarti, Inspektur Jendral (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir, Direktur Sustainability and Public Affairs Borealis Markus Horcher, dan Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Griverin.

Serta dihadiri oleh Legal Resident Officer Kedubes Amerika Serikat Laura Gouzales, Vice President Borouge Anton Wolfs Berger, Director PT Systemic Lestari Indonesia Widarmika, Direktur Pisces-Brunel Univercity Susan Jobling, dan Head of Global Sustainability and Circular Economy Siguard Alina Marm.***

About Silvi Muhtarom

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *