Museum Nasional Terbakar, Bagaimana Nasib Ratusan Koleksi Benda Prasejarah?

BINTANG TENGGARA – Museum Nasional atau Museum Gajah yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat kebakaran pada Sabtu (16/9) malam. Kejadian ini diketahui terjadi di belakang Gedung A. Hingga pukul 21.45, api sudah berangsur dilokalisir oleh Petugas Pemadam Kebakaran.

Museum Nasional Indonesia (MNI) sendiri terbagi menjadi tiga bangunan utama yaitu gedung A, Gedung B dan Gedung C. Usai api berhasil dipadamkan, pihak Museum Nasional langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran dan mendata koleksi benda bersejarah baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

Plt. Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) Ahmad Mahendra mengatakan, pihaknya memprioritaskan perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum.

Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dan 21 personel dikerahkan untuk memadamkan api di museum tersebut. Dari laman resmi museum nasional, Museum Gajah menyimpan 190.000-an benda-benda bernilai sejarah. Ini terdiri dari 7 jenis koleksi yakni Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah.***

About Silvi Muhtarom

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *