Mesin Pengolah Sampah Jadi BBM dari Jateng, Masuk Nominasi IGA 2023

BINTANG TENGGARA – Teknologi Faspol 5.0, sebuah inovasi mesin fast pyrolysis karya warga Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, masuk nominasi Innovative Government Award (IGA) 2023, yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri.

Tidak hanya sebagai solusi penanganan sampah plastic, Faspol 5.0 mampu mengolah sampah plastik menjadi energi baru berupa bahan bakar minyak. Ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin 25 September 2023, inovator Faspol 5.0 Budi Trisno Aji menceritakan, Faspol 5.0 merupakan hasil inovasi generasi kelima.

Awalnya, pegiat lingkungan di Banjarnegara memiliki masalah dengan sampah yang tidak bisa diproses. Kalau pun sampah itu diproses, nilai ekonominya sangat rendah.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, teknologi Faspol 5.0 menjadi solusi penanganan sampah plastik serasa tuntas, serta aman untuk lingkungan.

Hasilnya inovasi ini siap untuk dikomersialisasikan, karena telah melewati beberapa uji dan kajian. Hasil uji kualitas setara dengan bio solar dan pertamina dex.

Sementara untuk produk olahan teknologi Faspol 5.0 itu dinamai Petasol, dan sudah merilis logo bersama BRIN. Produk itu saat ini masih dalam proses pendaftaran regulasi, dan mengurus izin untuk dapat dijual secara umum. Proses itu didampingi oleh BRIN dan Pemprov Jateng melalui Brida Jateng.***

About Okki Nila

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *