Flyer Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2023

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

BINTANG TENGGARA – Pada tanggal 1 Oktober 2023, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan penuh kebanggaan dan penghormatan. Hari ini merupakan momen bersejarah yang mengingatkan kita akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang mengikat seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila bermula pada tahun 1965, ketika sekelompok pemberontak mencoba meruntuhkan pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dengan kekerasan. Namun, pada saat itu, rakyat Indonesia dengan tekad yang bulat dan semangat kebhinekaan yang tinggi, bersatu untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Pancasila, dengan lima silanya yang mewakili nilai-nilai dasar seperti keadilan sosial, persatuan, demokrasi, kemanusiaan, dan ketuhanan yang Maha Esa, menjadi benteng kokoh yang melindungi Indonesia dari ancaman tersebut. Pada tanggal 1 Oktober 1965, upaya kudeta tersebut gagal, dan Pancasila tetap kokoh sebagai fondasi negara Indonesia.

Sejak saat itu, setiap tahun, tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Ini adalah hari untuk mengenang perjuangan pahlawan-pahlawan yang telah mengorbankan nyawa mereka demi melindungi ideologi Pancasila dan menjaga persatuan bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan makna dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, mari kita bersama-sama merenungkan arti keberagaman, persatuan, dan semangat gotong royong yang telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan teguh. Mari kita jaga Pancasila sebagai pedoman dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang, dengan keyakinan bahwa kesatuan dalam keberagaman adalah kekuatan sejati bangsa Indonesia.***

About Okki Nila

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *