Semangat anak-anak saat menampilkan tarian Molong Kopi, tampak warga memadati acara tersebut dengan antusiasme yang cukup tinggi. (Foto. Repro)

Tari Molong Kopi, Lestarikan dan Kenalkan Tari Tradisional Sejak Dini

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Sebanyak 4 ribu murid taman kanak-kanak dan pendidikan usia dini menarikan tari tradisional molong kopi pada acara gebyar PAUD dalam rangka memperingati hari anak nasional dan HUT RI ke-72 di Alun-alun Ki Bagus Asra. Sabtu, (12/08).

Acara tahunan yang telah berlangsung dalam 5 tahun tersebut diikuti oleh seluruh tk dan paud se kabupaten bondowoso yang terbagi dalam 23 kecamatan.

Baca Juga. Peringati hari jadi pramuka Ke 56, Gerakan praja Muda Karana Usung tema Kerja

Ketua gabungan penyelenggara organisasi taman kanak-kanak Indonesia Kabupaten Bondowoso, Sumaryati Hidayat, mengatakan, bahwa dipilihnya tari molong kopi tersebut sebagai upaya melestarikan dan mengenalkan tarian tradisional masyarakat lokal kepada anak didik.

“Selain itu, juga sebagai upaya membumikan Bondowoso sebagai republik kopi,” katanya.

Gebyar PAUD itu setiap tahun dilaksanakan untuk mengenalkan tarian lokal kepada siswa dan guru. Tentu hal tersebut juga sebagai bentuk mendukung republik kopi.

Baca Juga. Desa di Bondowoso Ini Diproyeksikan Jadi Sentra Bawang Organik

Para peserta dibebaskan dalam menentukan kostum dan pernak pernik atributnya masing-masing. Aturan itu sengaja dibuat untuk memberikan ruang kepada guru maupun murid untuk meningkatkan kreatifitas.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mengasah kreatifitas, keberanian, dan menanamkan karakter kepada anak untuk saling bersosialisasi,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *