Beranda News Mekah JCH Banyuwangi Sudah Mulai Beranjak Menuju ke Mekah

JCH Banyuwangi Sudah Mulai Beranjak Menuju ke Mekah

341
1
Suasana Masjidil Haram yang tidak pernah sepi sepanjang hari dari siang sampai larut malam seolah dibanjiri umat Islam yang sedang tawaf lebih -lebih saat musim haji tiba. (Foto. Agus Estu)

Radiobintangtenggara.com, MEKAH – Memasuki Pekan ke dua Jamaah Calon Haji (JCH) Banyuwangi asal Banyuwangi sudah mulai beranjak menuju ke Mekah sehingga harus memulai beberapa rukun haji seperti niat Ihram, Tawaf dan Sai. Pada Jum’at 18 Agustus 2017 waktu setempat.

Ketua kloter 36 JCH Banyuwangi Mustain Hakim mengatakan Rukun haji adalah syarat wajib yang harus dilakukan saat menunaikan ibadah haji.

Menurut Hakim, Rukun haji ada 6 yaitu niat ihram, thawaf, sa’i, wukuf, tahalul, tertib. Rukun haji sendiri haarus dilaksanakan,

“Apabila ada salah satu yang tidak dilaksanakan maka ibadah hajinya tidak sah,” katanya.

Baca Juga. Dua Pekan Jelang Masa Puncak Pelaksanaan Haji, Kota Mekah Mulai Padat Jamaah Haji

Tertib, lanjut Hakim adalah rukun haji yang terakhir, artinya rukun haji harus dilakukan secara berurutan, tidak boleh melompati.

Hakim mencontohkan, setelah melakukan thawaf seharusnya seorang jamaah haji kemudian melakukan sa’i, tidak diperkenankan jika melakukan tahalul dulu baru sa’i.

Terkait kondisi kesehatan Jamaah, Hakim menuturkan seluruh jamaah haji asal Banyuwangi dalam kondisi dan keadaan sehat.

Hanya saja beberapa jaamaah mengalami gangguan kesehatan dari penyakit yang dibawa dari rumah seperti darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung hingga 2 orang perlu dirujuk kerumah sakit sekitar Madinah.

“Bagi Jamaah haji untuk tetap menjaga kesehatan dan memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh,” ujarnya.

RENDRA PRASETYO

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here